Artikel

5 Langkah Praktis dan Mudah Menghafal Quran

MAI

April 16, 2024

Kami akan membagikan langkah mudah menghafal Quran. Menghafalkan Al-Quran menjadi salah satu ibadah yang luar biasa pahalanya bagi umat muslim di seluruh dunia.Salah satu keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang penghafal Al-Quran yaitu mendapatkan derajat yang tinggi di surga. Tentu saja ini menjadi salah satu nikmat luar biasa dari Allah SWT.Kenikmatan yang didapatkan di dunia itu tidak sebanding dengan kenikmatan di akhirat.

Dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa kenikmatan mendapatkan derajat tinggi di surga adalah salah satu pencapaian tertinggi bagi manusia.

Berikut Langkah Mudah Menghafal Quran

Dengan cara yang benar Anda bisa menghafalkan Al-Quran secara praktis dan tidak mudah lupa. Sekarang ini memang semakin banyak orang tertarik untuk menjadi penghafal Al-Quran, karena manfaatnya sangat banyak.

1. Bin-Nazhar

Langkah mudah menghafal Quran pertama Bin-Nazhar yaitu proses membaca secara cermat ayat-ayat Quran yang ingin dihafalkan dengan melihat mushaf secara berulang-ulang. Dianjurkan untuk melakukan secara berulang-ulang atau sebanyak 40 kali dalam sehari.

Hal tersebut atau metode tersebut banyak dilakukan oleh para ulama terdahulu. Karena memang metode ini cukup efektif dan bisa dipraktekkan secara mudah.

Semakin sehari Anda melakukannya itu akan mempermudah atau mempercepat dalam mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang lafadz ataupun urutan ayat-ayat di dalamnya. Memang dibutuhkan konsistensi dan juga niat Anda memang perlu bekerja keras ketika ingin menjadi seorang penghafal Al-Quran.

2. Tahfiz

Langkah mudah menghafal Quran berikutnya yaitu Tahfiz. Tahfiz adalah salah satu metode untuk menghafal sedikit demi sedikit ayat-ayat Al-Quran secara perlahan dan diulang-ulang.

Untuk pemula bisa memulainya dengan menghafal satu baris terlebih dahulu. Setelah itu bisa menambahkan hingga satu kalimat. Lalu berikutnya mulai menghafal sepotong ayat pendek sampai tidak ada kesalahan sama sekali.

Jika ayat-ayat pendek sebelumnya sudah diingat dengan baik, bisa dilanjutkan dengan ayat-ayat berikutnya sampai sempurna. Ini merupakan salah satu metode paling efektif untuk para pemula.

Karena dengan menghafal sedikit demi sedikit itu akan lebih mudah dibandingkan langsung menghafal terlalu banyak. Apalagi ketika otak Anda memang tidak memiliki daya ingat yang baik.

3. Talaqqi

Talaqqi yaitu memperdengarkan hafalan kepada orang lain. Contohnya saja yaitu kepada guru atau instruktur. Dalam hal ini guru atau instruktur harus sudah menjadi penghafal Al-Quran dan juga memiliki pengetahuan yang baik tentang Islam.

Ini menjadi sangat penting supaya nantinya hafalan seseorang bisa diketahui kemampuannya sudah sejauh mana. Ini menjadi salah satu teknik yang cukup banyak digunakan saat ini.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu ketika ingin mempraktikkannya. Salah satu kunci keberhasilannya yaitu adalah memilih guru atau instruktur terbaik dan bisa mengerti karakter Anda.

4. Takrir

Takrir menjadi salah satu langkah mudah menghafal Quran yang cukup populer dan cocok dipraktekkan oleh siapa saja. Caranya yaitu dengan mengulang hafalan yang sebelumnya telah diperdengarkan kepada seorang guru Tahfidz.

Hal ini bertujuan supaya nantinya hafalan sebelumnya bisa tetap terjaga dan diingat dengan baik. Selain bisa dilakukan dengan seorang guru Anda juga bersama melakukannya sendiri untuk melancarkan hafalan.

Contohnya saja pada waktu pagi bisa diisi menghafal ayat-ayat baru. Kemudian pada Sore harinya dimanfaatkan untuk mengulang ayat-ayat yang telah dihafalkan sebelumnya supaya bisa menempel di ingatan.

5. Tasmi’

Langkah mudah menghafal Quran terakhir disebut Tasmi’. Ini adalah memperdengarkan hafalan baik kepada perseorangan ataupun ramai-ramai. Dengan metode ini akan sangat berguna supaya seorang penghafal itu bisa mengetahui kekurangannya.

Karena bisa saja lupa ketika mengucapkan huruf atau harakat. Dengan cara ini juga akan sangat berguna untuk meningkatkan konsentrasi dalam menghafal.Keutamaan Menjadi Seorang Penghafal Al-Quran

Setelah mengetahui langkah mudah menghafal Quran, sekarang waktunya bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam keutamaannya. Diharapkan dengan begitu Anda akan semakin semangat untuk menjadi seorang penghafal Al-Quran.

1. Diutamakan untuk Menjadi Imam Shalat

Seorang penghafal Al-Quran diberikan keutamaan untuk menjadi imam shalat berjamaah. Karena untuk menjadi seorang imam shalat itu tidak boleh sembarangan, penting untuk memperhatikan seseorang yang memiliki kualitas bacaan yang bagus dan paham tentang aturan shalat dengan baik.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, "Yang paling berhak jadi imam adalah yang paling banyak hafalan Al-Qur’annya. Jika dalam hafalan Al-Qur’an mereka sama, maka didahulukan yang paling paham dengan sunnah dan seseorang tidak boleh menjadi imam di wilayah orang lain.” (HR Ahmad dan Muslim)

2. Didahulukan Ketika Akan Dikuburkan

Keutamaan berikutnya yang akan didapatkan yaitu didahulukan ketika meninggal saat akan dimasukkan ke liang lahat. Jadi saat meninggal saja sudah mendapatkan perlakuan khusus.

Dari Jabir bin ‘Abdullah r.a, Rasulullah SAW menggabungkan (menghimpun) dua orang yang gugur pada perang Uhud dalam satu kain, kemudian beliau bersabda, “Manakah di antara keduanya yang paling banyak hafalan Al-Qur’annya?”

Ketika ditunjuk salah satu dari keduanya, beliau mendahulukannya ketika memasukkan ke dalam lahad, seraya bersabda, “Aku akan menjadi saksi atas mereka pada hari kiamat.” Beliau menyuruh untuk menguburkan mereka dengan darah yang ada pada diri mereka, mereka tidak disalatkan dan tidak dimandikan. (HR Bukhari)

3. Diutamakan Menjadi Pemimpin

Penghafal Quran akan mendapatkan prioritas menjadi seorang pemimpin. Langkah mudah menghafal Quran, semoga bisa membantu Anda bisa menjadi prioritas untuk menjadi seorang pemimpin.

Menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah sehingga harus berhati-hati dalam memilihnya. Penting untuk memilih pemimpin dengan pengetahuan yang luas sehingga nantinya bisa memutuskan segala sesuatunya dengan bijak.

Harus diakui menghafal Al-Quran itu bukan merupakan tugas mudah. Oleh karena itu harus dilakukan menggunakan metode-metode terbaik supaya hasilnya lebih maksimal. Langkah mudah menghafal Quran dari kami semoga bermanfaat.

 

 

Referensi:

Https://www.beritasatu.com/nasional/2785592/8-keutamaan-menghafal-al-quran-untuk-dunia-dan-akhirat

Https://m.kumparan.com/berita-hari-ini/5-cara-menghafal-Al-Quran-agar-tidak-mudah-lupa-1xuedqngdyg/full

Https://www.gramedia.com/best-seller/tips-menghafal-al-quran/

 

 

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024