Artikel

Beberapa Kisah yang Inspiratif Saat Menghafal Quran

MAI

March 5, 2024

Ada banyak kisah inspiratif menghafal Quran yang bisa Anda pelajari sebagai tauladan baik. apalagi bisa hafal semua isi dari kitab suci merupakan salah satu kesenangan sendiri bagi umat muslim.Bukan hanya punya nilai ibadah saja, melainkan ada banyak manfaat yang dapat diambil untuk para penghafal Quran. Salah satunya bisa mendapatkan safaat dari Allah SWT ketika hari akhir.

Kisah Inspiratif Menghafal Quran

Namun bukan hanya itu saja, seorang penghafal Quran pastinya juga memiliki ancaman besar serta tantangan sendiri. Karena seorang hafidz belum tentu masuk surga dan semua tergantung niat serta hatinya.

Apabila ada sifat riya’ sedikit saja, maka semua ibadahnya akan percuma. Jadi selama menjalankan ibadah, baiknya semua karena Allah SWT dan tidak ada sifat buruk yang mengiringinya agar mendapat ridha-Nya.

Sejumlah Kisah Inspiratif Menghafal Quran

Menjadi seorang penghafal tentunya tidak semuanya berjalan lancar, ada beberapa kisah yang tidak biasa. Berikut ini ada kisah-kisah inspiratif dari menghafalkan Quran untuk Anda pelajari dan dijadikan pelajaran:

1.     Pasutri Cetak 16 Anak Penghafal Quran

Pertama ada pasangan suami istri yang sukses ajari 16 anaknya jadi penghafal kirab suci. Kamarudin beserta keluarga hidup sederhana, tapi bermakna. Ia bekerja sebagai guru agama SDN 1 Katoi dan ASN.

Kamarudin dan istri menikah tahun 1996 kemudian mendapat anak pertamanya 10 bulan kemudian. Sementara anak bungsunya lahir tahun 2015. Sekarang anak sulungnya berusia 26 serta si bungsu 6 tahun 3 bulan.

Awalnya ia bekerja sebagai guru honorer sampai diangkat jadi ASN. Meskipun hidupnya sederhana, tapi Kamarudin berhasil menunjukkan kisah inspiratif menghafal Quran kepada semua orang bersama ke-16 anak-anaknya.

Bahkan Kamarudin juga bersyukur karena anak-anaknya mendapat beasiswa untuk sekolah. Ia percaya jika tiap anak mempunyai rejekinya masing-masing, jadi baik dari dirinya sendiri atau orang lain.

Sekarang anaknya sudah ada yang selesai kuliah dan lainnya masih duduk di bangku SD sampai kuliah. Ke-16 anaknya merupakan hafiz Quran, 3 di antaranya hafal 30 juz serta punya penghargaan.

2.     Menjadi Hafizah di Usia Senja

Selanjutnya kisah inspiratif menghafal Quran datang dari seorang nenek berusia 82 tahun, Ummu Shalih. Beliau sudah punya cita-cita jadi hafizah sejak masih belia dan termotivasi dari ayahnya.

Karena ayahnya selalu berdoa agar ia beserta anak-anaknya bisa jadi hafiz hafizah. Di usianya yang ke-13 tahun ia berhasil hafalkan 13 juz dan setelah menikah sibuk dengan urusan rumah tangga.

Apalagi setelah suaminya meninggal, ia harus menghidupi ke-7 anaknya sendiri sampai tumbuh dan berkeluarga. Kemudian di waktu luangnya sekarang, ia kembali melanjutkan cita-citanya menghafalkan Al-Quran bersama putrinya yang masih SMP.

Ummu Shalih menghafal dengan metode pengulangan per 10 ayat. Setelah ashar, putri bungsunya akan bacakan ayat yang akan dihafal, lalu beliau menirunya 3 kali. Lalu si putri menjelaskan makna ayat tersebut.

Di usianya yang ke-82, Ummu Shalih berhasil menghafal semua ayat Al-Quran. Keberhasilannya tersebut jadi kisah inspiratif menghafal Quran dan memberikan semangat kepada putrinya untuk mengikuti jejaknya tersebut.

3.     Wanita Malam Penghafal Al-Quran

Kisah nyata inspiratif selanjutnya datang dari Ustaz Adi Hidayat yang bercerita mengenai mantan wanita malam bertaubat dan sekarang jadi penghafal Quran. Dalam taubatnya tersebut, wanita itu bukan hanya sekadar taubat.

Karena ia ingin serius mempelajari dan menghafal Al-Quran. Kemudian Ustaz Adi meminta tim membuat divisi khusus di mana menangani masalah seperti yang terjadi pada wanita tersebut.

Seperti kisah inspiratif menghafal Quran lainnya, wanita tersebut terus belajar dan menghafalkan kitab suci. Sampai akhirnya ia berhasil hafalkan beberapa juz serta selalu menjaga istiqomahnya.

Mulanya hanya ada satu wanita saja, namun kini semakin banyak jumlahnya. Ustaz Adi menambahkan jika Allah berkehendak, apapun bisa terjadi. Seperti yang dialami wanita tersebut, awalnya dipandang rendah orang lain.

Sekarang Allah meninggikan derajatnya dan menjadikannya sebagai hafizah. Saat Allah mengangkat derajat umatnya, maka akan dimudahkan semua urusannya. Allah memberikan kemudahan dalam rejeki serta kehidupannya. Itulah balasan apabila sungguh-sungguh bertaubat.

4.     Anak Penghafal Quran yang Ingin Tetap Buta Sampai Akhir Hayat

Satu hal yang dianggap buruk manusia, justru baik di mata Allah. Seperti jika ada orang memiliki gangguan pada penglihatannya atau buta, mungkin ia menganggapnya ujian dan lainnya kekurangan.

Namun kisah inspiratif menghafal Quran berikutnya ini justru tentang anak kecil yang menganggap jika tidak bisa melihat itu merupakan kelebihan serta anugerah dari Allah. Anak tersebut bahkan bisa menghafalkan Al-Quran.

Ada kisah anak 4 tahun yang buta dari Kairo, Mesir. Anak tersebut berkata pada ayahnya jika dirinya ingin menghafalkan ayat suci Allah walaupun buta. Karena keyakinannya itu, sang ayah membantunya.

Beliau mengantarkan anaknya bertemu Syekh dan memulai hafalannya mengendarai sepeda yang tidak layak. Jarak tempuhnya juga tidak dekat yakni 20km.

Tiap kali si anak diberi hafalan, maka ayahnya akan menuliskan bacaannya. Kemudian menempelkannya di sepedanya dan sepanjang jalan si anak akan menghafalkannya saat menemui Syekh.

Hingga akhirnya anak tersebut bisa hafal Al-Quran, namun ayahnya belum. Ketika ditanya apabila diberikan permintaan, si anak justru meminta tetap buta sampai meninggal. Karena takut jika bisa melihat hafalannya hilang.

Dari kisah inspiratif menghafal Quran tersebut Anda bisa belajar bersyukur dan penting mengalihkan pandangan atau satu hal tidak baik. Karena hal itu dapat menghindari dosa yang dikarenakan mata.

Begitu takutnya si anak apabila matanya dipakai melihat satu maksiat. Ia bersyukur punya keadaan seperti itu dan sebagai orang yang bisa melihat, harusnya bisa lebih baik lagi.

Tidak akan ada yang tahu bagaimana kehidupan di masa datang. Apabila Anda terus berusaha serta berikhtiar, maka Allah akan membantu dengan caranya sendiri.

Sama seperti ketika punya niat belajar dan menghafalkan Al-Quran, maka Allah SWT akan memudahkan jalannya. Dari banyaknya kisah inspiratif menghafal Quran, Anda bisa mengambil hikmah pelajarannya.

 

https://banten.inews.id/read/361117/kisah-inspiratif-sangat-luar-biasa-pasutri-ini-berhasil-ajari-16-anak-jadi-penghafal-alquran/2

https://m.oase.id/read/wp68dW-ternyata-penghafal-Al-Quran-bisa-jadi-orang-pertama-yang-merasakan-api-neraka

https://pondokislami.com/kisah-inspiratif-penghafal-Al-Quran.html

https://radarpekalongan.disway.id/read/55389/kisah-inspiratif-ada-wanita-malam-yang-menjadi-penghafal-alquran-cerita-ustaz-adi-hidayat

https://palembang.tribunnews.com/2021/12/01/biarkan-saya-tak-melihat-kisah-seorang-anak-penghafal-alquran-yang-berdoa-agar-tetap-buta

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024