Artikel

‍Memahami 8 Keutamaan Menghafal Quran

MAI

March 4, 2024

Ada banyak keutamaan-keutamaan menghafal Quran yang bisa Anda rasakan. Apalagi memang tahfiz Quran jadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk semua muslim di seluruh dunia.Quran merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan melalui nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk untuk semua umat muslim di dunia. Sehingga Anda harus selalu menjaga kemurnian dari Al-Quran itu sendiri.

Salah satu cara menjaga kemurniannya ialah dengan cara menghafalnya. Memang hal tersebut tidak semudah bayangan, namun apabila Anda bertekad menghafalnya, maka selama prosesnya akan menemukan beragam rintangan.

Al-Quran sendiri punya banyak fungsi untuk pegangan serta dasar petunjuk dalam kehidupan manusia. Keutamaan membaca Quran sendiri jadi pahala yang paling banyak diincar oleh kaum muslim dari masa ke masa.

Membaca, mendengar, melafalkan, mempelajari, serta mengamalkan kitab suci merupakan amalan yang memperoleh kemuliaan khusus dari Allah, termasuk ketika menghafalnya. Keutamaan menghafalnya jadi tujuan utama dari ibadah tersebut.

Berikut 8 Keutamaan-keutamaan Menghafal Quran

Bukan hanya memberikan keutamaan untuk kehidupan akhirat kelak, melainkan juga berdampak di kehidupan manusia. Tahfiz Quran akan mendapat manfaat besar dan berikut ini beberapa keutamaan menghafalnya:

1.     Golongan manusia terbaik

Jadi seorang penghafal Quran, Anda akan diberi sebuah penghormatan serta derajat tinggi di mana Allah. Hal tersebut sesuai hadist riwayat Bukhari dan Utsman.

Yang mengatakan jika sebaik-baiknya manusia ialah Mereka yang belajar dan mengamalkan Quran. Sehingga hafalan kitab suci bukan hanya jadi pencapaian mulia, namun sebagai penghormatan serta kesungguhan diri mendekatkan diri kepada-Nya.

Seorang penghafal quran yang mampu hargai nilai serta keagungan kitab suci mendapatkan julukan Ahlullah. Artinya ialah keluarga Allah atau orang yang paling dekat dengan-Nya.

Dari hadist tersebut juga diketahui jika Al-Quran memiliki kandungan kebaikan untuk umat muslim. Sehingga keutamaan-keutamaan menghafal Quran juga akan Anda dapatkan apabila melakukannya.

2.     Kekuatan jiwa

Menjadi penghafal kitab suci, maka bisa mendatangkan manfaat besar untuk jiwa seseorang tersebut. Al-Quran sendiri merupakan pedoman hidup serta inspirasi yang mengajak manusia hidup penuh kekuatan serta ketenangan batin.

Seperti pada hadist HR Tarmidzi yang mengatakan jika seseorang apabila jiwanya diisi Al-Quran, maka akan punya emosi stabil. Selain itu mentalnya jadi semakin kuat layaknya rumah kokoh.

3.     Mendapat ridha Allah

Seorang penghafal nantinya juga dapat meraih ridha dari Allah SWT karena dengan penuh pengabdian belajar dan menghafal firman-Nya. Sehingga di dunia dan akhirat kelak akan dimuliakan oleh Sang Pencipta.

Bahkan Anda mendapatkan jubah kehormatan. Penghafal kitab suci akan jadi orang yang disayang Allah serta pahalanya ditambahkan dari tiap ayat yang dibaca, itu merupakan keutamaan-keutamaan menghafal Quran lainnya.

4.     Memperoleh syafaat

Selain itu, keutamaan menghafalkan Al-Quran berikutnya ialah bisa memperoleh pertolongan atau syafaat dari Allah SWT. Penghafal kitab suci akan selalu berusaha kembali pada Allah untuk mendapatkan solusi dari masalahnya.

Sementara itu Allah SWT juga sudah berjanji jika akan selalu memberikan pertolongan pada tiap hamba-Nya. Terutama ketika terus menghadapkan dirinya kepada sang Pencipta.

5.     Bahagiakan orang tua

Berikutnya keutamaan-keutamaan menghafal Quran yang akan Anda peroleh ialah bisa jadi sumber kebahagiaan orang tua. Tentu kedua orang tua akan bangga serta senang karena tahu anaknya hafal dan paham Al-Quran.

Keutamaan tersebut juga bukan hanya berlaku di dunia saja. Karena Allah SWT secara khusus memberikan pahala lain untuk kedua orang tua nanti di akhirat, tentu hal itu menguntungkan.

6.     Sifat hasud yang diperbolehkan

Sikap seseorang yang berharap supaya nikmat yang didapatkan orang lain hilang kepadanya ialah hasud. Sifat tersebut juga hukumnya haram dilakukan.

Akan tetapi keutamaan-keutamaan menghafal Quran justru memperbolehkan sifat ghibah tersebut. Tepatnya pada orang apabila ingin mendapatkan kebaikan seperti orang lain tanpa mengharapkan nikmat yang dimiliki orang itu hilang.

Dalam HR Bukhari dan Ibnu Umar Ra, nabi SAW mengatakan jika hasud tidak diperbolehkan, kecuali untuk dua hal. Seseorang yang diberi Quran Allah dan siang malam menyibukkan diri. Kedua ialah seseorang yang diberi harta dan hartanya itu diinfakkan siang serta malam hari.

7.     Pahala berlipat

Jika Anda menghafalkan ayat-ayat suci Al-Quran dan mengamalkannya, maka akan memperoleh pahala yang berkali lipat. Allah SWT menjanjikan akan memberikan pahala 10x lipat di tiap membaca huruf Quran.

Para penghafal punya peluang untuk mengumpulkan lebih banyak lagi pahalanya. Karena secara terus menurus akan mengulang serta membaca ayat tersebut.

8.     Doanya dikabulkan

Untuk keutamaan-keutamaan menghafal Quran berikutnya ialah doanya dijabah oleh Allah SWT. Apabila Anda menghafalkan ayat-ayat suci Al-Quran, maka Allah akan kabulkan doa serta keinginan umatnya tersebut.

Menghafalkan ayat suci sendiri juga merupakan satu bentuk senantiasa mengingat Allah SWT di dalam semua kondisi situasi. Saat seseorang selalu mengingat Sang Pencipta dan berdoa dengan hati tulus.

Tentu saja doa-doa serta keinginannya bisa memperoleh keistimewaan dari Allah. Selain itu doa para penghafal juga punya peluang lebih besar untuk dikabulkan.

Anjuran serta keutamaan yang harus Anda ingat ialah pahala membaca Al-Quran didapatkan oleh siapa saja pembacanya, sekalipun tidak tahu artinya. Jika bisa paham, maka pahalanya jadi lebih baik serta banyak.

Sebagian ulama mengatakan ada beberapa hikmah keutamaan-keutamaan menghafal Quran yang pahalanya dapat diperoleh. Sekalipun Anda tidak paham artinya, seperti berikut:

1.     Jadi faktor penting agar dapat menjaga keaslian serta keutuhan Quran dari campur tangan manusia, layaknya yang terjadi pada kitab-kitab sebelumnya.

2.     Mempersatukan umat muslim dari bahasa, menguatkan persatuan agama, serta mempermudah komunikasi diantaranya.

3.     Langkah pertama para tahfiz Quran agar bertadabbur, paham, serta mengamalkan tiap ayatnya.

Selain membaca, mendengar, dan mengamalkan Al-Quran, sebagai muslim baiknya Anda menghafalkannya. Karena ada banyak keutamaan-keutamaan menghafal Quran yang bisa didapatkan oleh seorang penghafal.

 

 

https://almanhaj.or.id/82410-keutamaan-membaca-dan-menghapal-Al-Quran-2.html

https://news.detik.com/berita/d-5078610/11-keutamaan-menghafAl-Quran-bagi-kehidupan-dunia-dan-akhirat#:~:text=Kedudukan%20Penghafal%20Al%20Quran%20Berada,baca%20lah%20dan%20bangkit%20lah!

https://www.liputan6.com/hot/read/5358613/8-keutamaan-menghafal-Al-Quran-untuk-dunia-dan-akhirat-simak-apa-saja?page=4

https://www.beritasatu.com/nasional/2785592/8-keutamaan-menghafal-Al-Quran-untuk-dunia-dan-akhirat

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7075386/5-keutamaan-menghafal-Al-Quran-mendapat-ridho-allah-swt-di-dunia-dan-akhirat

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024