‍Membangun Keterhubungan Spiritual Melalui Bacaan Al-Quran

M.A.I

February 27, 2024

Hubungan spiritual bacaan Al-Quran akan mempengaruhi kehidupan seorang manusia. Bagi kaum muslim, membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan sekaligus mengamalkan isinya pada kehidupan sehari-harinya.

Hubungan spiritual bacaan Al-Quran akan mempengaruhi kehidupan seorang manusia.

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan salah satunya adalah berhubungan dengan spiritual setiap manusia. Bahkan Anda bisa mulai membiasakan anak-anak membaca kitab suci untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual pada anak.

Manfaat dan Aspek Spiritual yang diajarkan dalam Al-Quran

Membaca kitab suci memang bukan hanya rutinitas kegiatan dalam agama islam, lebih dari itu membaca Al-Quran merupakan perjalanan spiritual Anda lalui secara mendalam.

Kehidupan di dunia yang sangat sibuk dan penuh dengan ujian dan tantangan harus diseimbangkan dengan kehidupan spiritual bacaan Al-Quran menjadi landasan sangat kokoh sehingga manusia tetap menjaga hubungannya dengan Allah.

Ada tiga aspek utama dalam spiritualitas yaitu rasa tanggung jawab, tetap merasa rendah hati dan bersyukur untuk bisa menikmati kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Spiritualitas seseorang dapat tumbuh dengan sering membaca Quran.

Tidak hanya membaca saja, Anda juga harus memahami makna dan mengamalkannya pada kegiatan sehari-hari. Kitab suci ini merupakan wahyu langsung dari Allah untuk para kaum manusia.

Setiap ayat di dalamnya memiliki makna yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan dan menyimpan hikmah. Spiritual bacaan Al-Quran akan tumbuh secara sendirinya saat Anda membacanya dengan penuh penghayatan.

Selain itu manfaat lainnya adalah Anda dapat mengevaluasi nilai-nilai kehidupan. Dalam kitab suci terdapat ajaran-ajaran moralitas dan etika tinggi sehingga akan membimbing setiap individu agar bisa hidup berintegritas sekaligus memiliki kasih sayang terhadap makhluk lainnya.

Tidak hanya berhubungan dengan kecerdasan spiritiual dengan membaca Al-Quran juga membawa manfaat yang baik untuk kesehatan mental. Seseorang dengan spiritualitas tinggi akan lebih tenang pikirannya, dapat meredakan stres dan tidak mudah gelisah.

Jadi membaca kitab suci tidak hanya kewajiban dalam agaman islam namun merupakan perjalanan mendalam seorang insan manusia agar dapat mendekatkan diri pada Tuhannya.

Membangun Hubungan Spiritual Bacaan Al-Quran dengan Etika

Membaca Al-Quran tidak bisa sembarangan, Anda harus mengetahui etika sebelum, saat hingga setelah membacanya. Al-Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam, oleh sebab itu Anda sebagai muslim wajib memuliakannya.

1.      Sebelum membacanya

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membacanya adalah harus membaca doa terlebih dahulu.

Ta’awwudz a’udzu billahisami’il-alimi minasy-syaithanir-rajim. Rabbi a’udzu bika min ha mazatisy-syayathin, wa a’udzu bika rabbi an yahdhurun.

Artinya adalah kami berlindung kepada Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutung. Ya Allah, kami berlindung hanya kepada-Mu dari bisikan setan serta kami berlindung kepada-Mu, Ya Allah dari kedatangan mereka kepada kami.

Doa ini bermanfaat untuk melindungi Anda dari segala gangguan setan berusaha menganggu. Setelah selesai membacanya sebaiknya dilanjutkan dengan membaca QS. An-Nas dan QS. Al-Fatihah.

2.      Saat membacanya

Saat mulai membacanya ada etika lainnya yang harus Anda lakukan agar spiritual bacaan Al-Quran dapat ditingkatkan. Sebaiknya saat membaca kitab suci diiringi dengan sikap tadabur dan tafakur.

Saat menemukan ayat-ayat yang memiliki makna rahmat dan janji-janji dari Allah maka hendaknya Anda mulai berdoa dan mengharapkan rahmah-Nya. Apabila menemukan ayat berisi azab serta ancaman, sebaiknya Anda meminta perlindungan.

Sejatinya, tidak ada yang bisa dimintai perlindungan selain Allah memberikan perlindungan tersebut. Ketika Anda menemukan ayat yang memiliki makna kesucian Allah maka sebaiknya langsung ucapkan kata tasbih.

Perlu diingat Al-Quran merupakan kitab yang suci dan harus dimuliakan, oleh sebab itu saat membacanya sebaiknya Anda meletakan Al-Quran pada bangku, bantau atau tempat tinggi.

3.      Selesai Membacanya

Selesai membacanya dengan khusu’ Anda akan merasakan hati lebih tenang dan lega. Spiritual bacaan Al-Quran dapat semakin bertambah ketika Anda juga memahami terjemahan dan tafsirnya.

Setelah selesai bacalah doa : Shadaqallahu ta’ala wa balagha rasulullahi shallallahu ‘alaihi wa sallam, allahummanfa’na bihi, wa baraka lama fihi, alhamdu lillahi rabbil-alamin, wa astagfirullahal-hayyal-qayyum

Yang memiliki arti, benarlah Allah Maha Tinggi, Rasulullah SAW sudah menyampaikan mengenai kebenaran. Ya Allah, jadikanlah ini berguna untukku serta berilah kami keberkahan dengannya. Segala puji Engkau, Tuhan Semesta Alam. Kami memohon ampunan hanya kepada-Mu, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri.

Cara Mengamalkan Makna Dalam Al-Quran untuk Meningkatkan Hubungan Spiritual

Tidak hanya sampai membacanya saja, untuk dapat meningkatkan spiritual bacaan Al-Quran yang telah dibaca Anda harus bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentu, ketika Anda ingin berubah menjadi muslim baik mengamalkan makna dalam kitab suci bukan hal yang mudah.

Tetapi bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya, berikut ini beberapa usaha yang bisa Anda lakukan agar dapat mengamalkan kitab suci dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan spiritualitas.

1.      Rutin membacanya setiap hari dan pahami tafsirnya

Hal yang paling utama adalah Anda rutin membacanya setiap hari. Tidak perlu mengejar target untuk dapat hatam dalam jangka waktu singkat. Agar bisa memahaminya untuk meningkatkan spiritual bacaan Al-Quran, Anda bisa membacanya secara perlahan dan memahami setiap makna dan tafsirnya. Luangkan waktu setiap hari, setidaknya setelah sholat untuk membacanya.

Beberapa rekomendasi tafsir yang bisa menjadi rujukan agar bisa Anda pelajari antara lain tafsir Ibnu Katsir karya Ibnu Katsir, Ayatul Ahkam karya Syekh Ali Ash-Shabuni, Al-Manar karya Muhammad Abduh, Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan masih banyak lagi.

2.      Mempraktikan ajaran moral dan etika secara perlahan

Mempraktikkan ajaran moral dan etika secara perlahan-lahan ke dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu merasa terburu-buru untuk menjadi lebih baik, Anda bisa mempraktikkan ajaran moral yang diajarkan dalam kitab suci untuk meningkatkan spiritualitas secara perlahan-lahan tetapi pasti.

Ingatlah pada ucapan lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, jadi tidak ada batasan umur untuk Anda menjadi lebih baik. Membangun spiritual bacaan Al-Quran bisa dilakukan dari sekarang untuk meningkatkan kualitas hidup tidak hanya untuk dunia tetapi juga akhirat.

 

Link materi :

https://islamdigest.republika.co.id/berita/qcbodr320/6-etika-lahiriyah-dan-6-adab-batiniyah-membaca-alquran

https://kabar.almultazam.id/2023/09/24/cara-mengamalkan-isi-kandungan-al-quran-dalam-kehidupan-sehari-hari/

https://www.gramedia.com/literasi/manfaat-membaca-al-quran/#Etika_Membaca_Al-Quran

https://plus.kapanlagi.com/manfaat-membaca-al-quran-secara-rutin-baik-untuk-spiritual-kesehatan-fisik-e92ddb.html?page=8

https://an-nur.ac.id/esy/mendekatkan-diri-pada-allah-manfaat-spiritual-membaca-alquran.html

https://www.klikdokter.com/ibu-anak/tips-parenting/pentingnya-kecerdasan-spiritual-bagi-tumbuh-kembang-anak

 

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024