Artikel

‍Menelusuri Pesan-pesan Moral dalam Al-Quran: Panduan untuk Kehidupan Modern

M.A.I

February 22, 2024

Dalam menjalani kehidupan modern Anda dapat mengambil pesan moral dalam Al-Quran. Pastinya sudah banyak masyarakat yang tidak asing kepada salah kitab suci tersebut. Bagi umat muslim tentunya sudah mengenalnya secara mendalam dan mengamalkannya.

Dalam menjalani kehidupan modern Anda dapat mengambil pesan moral dalam Al-Quran

Dalam menjalani kehidupan modern Anda dapat mengambil pesan moral dalam Al-Quran. Pastinya sudah banyak masyarakat yang tidak asing kepada salah kitab suci tersebut. Bagi umat muslim tentunya sudah mengenalnya secara mendalam dan mengamalkannya.

Kitab ini adalah salah satu keajaiban kepada nabi Muhammad SAW. Selanjutnya dari kitab tersebut akan menjadi panduan hidup bagi semua umat manusia beserta alam semesta di Indonesia. Bahkan kitab ini juga memiliki banyak keutamaan dari lainnya.

Daftar Pesan Moral dalam Al-Quran yang Dijadikan Panduan Hidup Modern

Perkembangan jaman memberikan banyak sekali dampak dari berbagai aspek kehidupan. Namun dampak tersebut sayangnya tidak selalu positif. Sebab akan selalu ada dampak negatif, yang berasal dari berbagai aspek, salah satunya adalah persoalan moral.

Moral menjadi persoalan yang cukup melekat pada diri manusia. Dalam menjalani kehidupan modern seperti sekarang Anda membutuhkan berbagai pesan moral dalam Al-Quran. Oleh karena itu jangan lupa untuk memperhatikan informasinya di bawah ini:

1.      Jangan Sombong

Sebagai umat muslim Anda tidak boleh berperilaku buruk. Pastinya ada banyak sekali contoh perilaku buruk, yang tidak Allah SWT sukai. Salah satunya adalah memiliki perangai tinggi hati atau sombong.

Ketika menjalani berbagai aktivitas kehidupan modern nantinya ada banyak sekali sifat, yang mulai manusia lupakan. Sombong adalah salah satu sikap tercela, yang pastinya tidak disukai oleh semua masyarakat. Namun sayangnya saat ini manusia sering berperilaku sombong.

Sombong pada Al-Quran menjadi sikap, yang dilarang. Bahkan disini Allah SWT menegaskan setiap umat agar selalu bersikap rendah hati. Tujuannya agar semua manusia terhindar dari sikap sombong dan cenderung menjerumuskan.

Contoh sikapnya juga tertera jelas pada surat ketujuh pada kitab tersebut. Dalam surat Al-A’raaf ayat 13 menjelaskan mengenai larangan berperilaku sombong bagi semua orang.

قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُوْنُ لَكَ اَنْ تَتَكَبَّرَ فِيْهَا فَاخْرُجْ اِنَّكَ مِنَ الصّٰغِرِيْنَ

(Allah) berfirman, “Maka turunlah kamu darinya (surga); karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya. Keluarlah! Sesungguhnya kamu termasuk makhluk hina.”

2.      Sabar

Pesan moral dalam Al-Quran selanjutnya yang sangat penting pada saat menjalani kehidupan modern adalah berperilaku sabar. Pastinya hal tersebut juga sesuai dengan kalimat “Sesungguhnya Allah SWT itu bersama orang berperilaku sabar”

Istilah sabar tentunya menjadi salah satu kunci terbaik bagi manusia dalam menjalankan kehidupannya. Dalam hal ini meskipun kata-katanya cukup sederhana, namun menjalankan sabar tidaklah mudah.

Sesungguhnya sabar hanya bisa Anda lakukan jika memiliki keteguhan hati cukup tinggi. Hal ini juga menjadi salah satu kunci terbaik ketika seorang muslim terkena musibah dan tantangan di dalam hidupnya.

Pastinya ada banyak sekali ayat yang menjelaskan mengenai sikap sabar. Salah satunya adalah Qs. Ali Imran Ayat 134. Dari ayat tersebut Anda dapat mengetahui bahwa salah satu sikap terbaik dalam kebaikan adalah menahan amarah serta memaafkan kesalahan.

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

3.      Jangan Berkata Kasar

Selanjutnya pesan moral dalam Al-Quran yang penting di kehidupan modern yaitu, anjuran berkata baik. Hindari berkata kasar kepada siapa saja yang menjadi lawan bicaranya. Dalam kitab umat muslim ini menegaskan pentingnya bersikap baik salah satunya adalah dengan berbicara baik serta sopan.

Allah SWT melalui berbagai ayat di dalam Al-Quran menjelaskan tentang pentingnya bersikap baik kepada semua orang. Kata-kata kasar yang Anda ucapkan bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Sebab semua orang bisa saja tersinggung dengan kata-kata kasar tersebut.

Dalam Qs. Ali Imran ayat 159 Allah menegaskan tentang pentingnya menghindari berkata kasar. Bahkan pesan ini juga Allah SWT sampaikan kepada nabi Muhammad SAW, yang terkenal sebagai pribadi sopan serta lemah lembut.

4.      Pemaaf

Pastinya ada banyak sekali anjuran penting bagi semua manusia ketika menjalankan kehidupan modern seperti sekarang. Mengingat kehidupan manusia saat ini sudah jauh dengan hakikat moral yang ada.

Salah satu pesan moral dalam Al-Quran selanjutnya adalah bersikap pemaaf. Dalam kitab umat muslim Allah SWT menjelaskan agar selalu bersikap baik dengan cara memaafkan kesalahan orang lain.

Allah SWT adalah Tuhan Maha Pemaaf, yang terdapat pada hampir semua surat di Al-Quran. Hal ini menjelaskan bahwa pemaaf termasuk salah satu ciri khas umat muslim, yang terdapat dalam kitab tersebut.

Anjuran untuk selalu bersikap pemaaf juga terdapat pada Qs. Al-A’raf ayat 199. Disini Anda dapat mengetahui anjuran bersikap pemaaf dan mengerjakan makruf. Anda dapat menjadikannya QS tersebut sebagai salah satu dasar hukum sikap pemaaf bagi setiap orang.

5.      Berbakti Pada Orang Tua

Sikap yang tidak kalah penting lainnya dalam menjalankan kehidupan modern adalah bakti kepada orang tua. Sejak jaman nabi bakti kepada orang tua menjadi salah satu aspek penting, yang berulang kami Rasulullah sampaikan kepada umatnya.

Selain itu anjuran untuk berbakti kepada orang tua juga menjadi pesan moral dalam Al-Quran, yang selalu diulang-ulang. Salah satunya pada QS. An-Nisa’ ayat 36, yang menjelaskan secara detail perintah tersebut.

Dalam surat ini Anda tidak boleh menyembah kepada selain Allah SWT. Selanjutnya Anda juga tidak boleh menyekutukan Allah SWT dengan siapa saja. Lalu dalam ayat tersebut memiliki anjuran agar senantiasa bersikap baik kepada orang tua, karib, anak yatim dan miskin.

6.      Mencatat Hutang

Hutang adalah janji yang wajib Anda patuhi. Bahkan ketika memiliki hutang Anda harus mencatatnya agar tidak lupa. Sebab nanti di akhirat hutang tetap menjadi salah satu tanggungan, yang wajib Anda tepati.

Pesan moral dalam Al-Quran berkaitan pada pencatatan hutang masuk kategori prinsip kejujuran. Hal ini erat kaitannya pada prinsip keuangan agar informasi hutang tersebut tercatat secara baik.

Prinsip pencatatan hutang ini juga termasuk dalam anjuran di dalam Qs. Al-Baqarah ayat 282. Disini terdapat anjuran agar selalu menuliskan hutang dari waktu ke waktu.

Moral adalah salah satu permasalahan cukup serius, yang hadir di tengah perkembangan umat semakin maju seperti sekarang. Maka dari itu Anda dapat menggunakan pesan moral dalam Al-Quran sebagai salah satu pedoman hidup.

 

Sumber          :

http://repository.uinsu.ac.id/14861/1/BUKU-PESAN2%20MORAL%20DALAM%20AL-QURAN%20FINAL.pdf

https://sumbarprov.go.id/home/news/14067-100-anjuran-etika-kehidupan-dalam-al-quran

https://digilib.uin-suka.ac.id/14580/1/07410172_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024