Artikel

Menghafal Quran Semudah Tersenyum Jadi Tidak Sulit

MAI

April 9, 2024

Siapa sangka bahwa menghafal Quran semudah tersenyum, tidak sulit jadi bagi Anda yang ingin menghafal jangan khawatir. Mungkin bagi sebagian orang menganggap menghafal Al Qur’an itu susah.Padahal apabila menemukan metode atau cara yang tepat, menghafal Al-Qur’an itu semudah tersenyum.

menghafal Quran semudah tersenyum

Seperti kita ketahui, salah satu amalan terbaik yang ingin dicapai semua umat muslim ialah menghafal Al-Qur’an.

Banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan apabila kita bisa menjadi seorang penghafal Al-Qur’an. Ada beberapa cara yang bisa dipraktekkan agar menghafal Al-Qur’an bisa semudah tersenyum.

Menghafal Quran Semudah Tersenyum Jadi Tidak Sulit

Bisa menjadi penghafal Al-Qur’an tentu menjadi sebuah cita-cita semua umat muslim di dunia. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar menghafal Al-Qur’an bisa semudah tersenyum :

1. Memperjelas niat

Menghafal Quran semudah tersenyum, asal kita tau bagaimana cara mudah dalam menghafalnya. Pertama dengan memperjelas niat, niat merupakan salah satu syarat utama untuk menghafal Al-Quran.

Niatkan menghafal untuk ibadah serta ingin mendapat pahala dari Allah, jangan berniat buruk atau riya’. Dengan niat tulus ikhlas karena Allah, rasa malas, lelah serta susah tidak akan menjadi penghalang.

2. Laksanakan sholat hajat

Setelah jelas dalam menentukan niat, laksanakan shalat hajat, mintalah kepada Allah untuk memudahkan kita dalam menghafal Al-Qur’an. Sebab pemilik Al-Qur’an itu Allah, maka memohonlah kepada pemiliknya untuk menikmati kemudahan tersebut.

3. Mintalah doa kepada orang tua dan guru

Meminta doa dan juga restu dari orang tua serta guru merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan sebelum menghafal Al-Quran. Sebab ridho mereka akan memudahkan proses menghafal.

Tidak hanya itu, dukungan dari orang tua dan juga guru juga akan menambah rasa optimisme. Serta semangat dalam menghafal Al Quran, sehingga kita akan merasakan bahwa Menghafal Quran semudah tersenyum.

4. Memperbaiki bacaan

Sebelum mulai menghafal, penting untuk memperbaiki kualitas bacaan yang Anda miliki. Luangkanlah waktu untuk memperbaiki bacaan, tujuannya tentu agar hafalannya bisa jadi lebih sempurna serta pahalanya bisa berlipat ganda.

Hal tersebut juga penting dilakukan guna menghindari kesalahan dalam membaca menghafal. Menghafal Al-Quran memang sangat bermanfaat, tapi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

5. Akrabkan diri dengan Al-Qur’an

Akrabkan diri Anda dengan Al Quran, itu merupakan salah satu cara paling ampuh agar bisa menghafal dengan mudah dan cepat. Perpanjang waktu interaktif Anda dengan Al-Qur’an.

Pertama, jangan pikirkan cara menghafal Al-Qur’an yang sulit, namun pikirkan saja bagaimana mulai membaca 5 juz sehari. Atau setidaknya harus menghafal 1 ayat setiap harinya.

6. Gunakan metode menghafal paling mudah

Agar Anda bisa merasakan bahwa Menghafal Quran semudah tersenyum, terdapat banyak metode yang bisa dilakukan. Dari sekian banyak cara, pilihlah cara termudah untuk menghafal.

Setiap orang pastinya memiliki metode mengingat berbeda-beda, tergantung cara mana yang paling nyaman bagi masing-masing orang. Belajar menghafal dari orang lain dapat membantu kita dalam menentukan metode mana yang cocok.

7. Gunakan 1 jenis mushaf

Agar bisa lebih mudah dalam menghafal Al-Quran, pastikan untuk selalu menggunakan partitur Al-Quran yang sama. Memakai mushaf yang sama akan dapat memudahkan kita dalam mengingat letak ayat-ayat yang telah dihafal.

Sebenarnya analogi menghafal Al Quran itu mirip dengan menyimpan gambar di dalam memori. Sementara bentuk mushaf akan dapat mempengaruhi struktur ingatan kita di dalam memori otak.

8. Sering lakukan Murojaah

Menghafal Quran semudah tersenyum apabila kita sering melakukan murojaah. Semakin sering Anda mengulangi sebuah ayat, maka semakin mudah pula Anda untuk mengingatnya, jangan buru-buru menambah hafalan.

Tanpa mengulang ayat sebelumnya secara berulang-ulang, tujuannya untuk mengurangi risiko demensia. Lakukanlah muroja’ah sesering mungkin, supaya hafalan bisa tetap tersimpan di dalam ingatan dalam waktu lama.

9. Pasang target menghafal

Sebelum menghafal Al Quran, sebaiknya tentukan tujuan dan juga jadwal hafalan Anda. Pada saat Anda mempunyai tujuan yang jelas di dalam pikiran, itu akan lebih mudah.

Untuk mendorong diri Anda sendiri untuk terus menghafalnya, kadang dalam proses menghafal Al-Qur’an. Kita kerap kali menemui kendala, antara lain seperti hafalannya menjadi sulit dipahami atau mungkin malas menambah hafalan.

Biasanya bila sudah seperti itu, semangat akan berkurang, sehingga Anda merasa bahwa menghafal Al-Quran itu sulit. Maka dari itu, memiliki tujuan akan dapat membantu Anda dalam melatih kemampuan mengingat.

10.  Setor hafalan kepada guru yang kompeten

Untuk menghindari kesalahan dalam membaca, minta orang lain atau guru untuk mendengarkan halaman atau kalimat yang dihafal. Tujuannya agar guru atau orang tersebut bisa mengoreksi.

Atau membenarkan apabila bacaan Anda salah, tidak hanya itu dengan mempercayakan ingatan Anda kepada guru atau orang lain. Tentunya akan menambah semangat Anda untuk bisa menghafal dengan rajin dan tekun.

11.  Talqin dan Tasmi’

Salah satu cara yang bisa dipilih agar Anda bisa merasakan bahwa Menghafal Quran semudah tersenyum. Adalah dengan cara Talqin dan Tasmi’, Talqin itu berarti guru membacakan Al-Qur’an, diikuti murid-muridnya.

Tapi bila Anda tidak mempunyai guru yang dapat membacakannya untuk Anda, coba mendengarkan Al-Quran di dalam bentuk kaset. Itu merupakan salah satu alternatif terbaik dalam proses menghafal Al-Quran.

Tetapi opsi ini bukanlah pengganti bila guru membacanya langsung. Sebab bila melakukan kesalahan ketika mengikuti bacaan, guru dapat langsung memperbaikinya, sedangkan tasmi’, yakni siswa membacakan Al-Quran kepada guru.

12.  Tafahhum

Agar Anda dapat merasakan bahwa Menghafal Quran semudah tersenyum, cara selanjutnya yang bisa dipilih adalah Tafahhum. Tafahhum sendiri yakni memahami makna membaca Al-Qur’an, dengan memahami maknanya.

Itu akan mempercepat proses menghafal Al-Qur’an. Tidak hanya itu, metode Tafahhum ini juga akan menambah pemahaman dan juga pengetahuan terkait makna yang terkandung di dalam Al-Quran.

13.  Tikrar

Menghafal Quran semudah tersenyum apabila kita juga menggunakan metode Tikrar atau mengulang bacaan hingga hafal. Metode Tikrar ini sangat mudah, yakni sebagai berikut :

·  Baca ayat pertama 10 hingga 20 kali sampai bisa hafal.

·  Baca ayat kedua 10 hingga 20 kali sampai bisa hafal.

·  Baca ayat pertama dan juga kedua 10 hingga 20 kali sampai hafal.

·  Lalu baca ayat ketiga 10 hingga 20 kali sampai hafal.

·  Lalu setelah itu bacalah kalimat pertama, kedua dan juga ketiga sebanyak 10 hingga 20 kali sampai hafal, begitulah seterusnya.

Menghafal Al-Qur’an akan terasa lebih mudah apabila Anda menggunakan beberap acara di atas. Selain itu dengan menerapkan cara di atas, Anda akan merasakan bahwa Menghafal Quran semudah tersenyum.

 

 

Link: https://www.gramedia.com/best-seller/metode-cepat-hafal-alquran/

https://www.langkahmanfaat.com/menghafal-al-quran-semudah-tersenyum/

https://stai-alfatah.ac.id/index.php/blog-berita/artikel-pendidikan/8-cara-cepat-menghafal-alquran

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024