‍Merawat Hati dan Jiwa melalui Bacaan Harian Al-Quran

M.A.I

February 17, 2024

Merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran saat ini memang menjadi salah satu cara ampuh agar hidup lebih tenang. Terutama, bagi manusia yang setiap harinya menghadapi tekanan hidup sulit.

Merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran saat ini memang menjadi salah satu cara ampuh agar hidup lebih tenang

Merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran saat ini memang menjadi salah satu cara ampuh agar hidup lebih tenang. Terutama, bagi manusia yang setiap harinya menghadapi tekanan hidup sulit.

Hal tersebut tentu akan memberikan efek buruk bagi kesehatan jiwa. Apalagi setiap orang bergelut dengan berbagai rutinitas harian, sehingga gelisah, bahkan stres menghantuinya.

Pahami Merawat Hati dan Jiwa dengan Al-Quran

Pada umumnya, ada banyak sekali penyebab jiwa seseorang tidak bisa tenang. Baik itu, dari kegagalan, ketidakberdayaan menanggung beban hidup, tekanan eksternal serta permasalahan berat lainnya. 

Berikut ini sudah ada penjelasan beberapa manfaat dan surah yang berkaitan merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran, antara lain:

1. Manfaat Membaca Al-Qur'an 

Qur’an Allah SWT turunkan sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Qur’an sendiri memiliki beberapa nama lain sesuai dengan kegunaan serta fungsinya. 

Salah satu sifat serta nama Qur’an yang banyak kaum muslim bahas yakni Asy-Syifa atau sebagai penyembuh. Seperti penjelasan QS. Al-Isra: 82 berikut ini:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْناِلَّا خَسَارًا

Artinya: "Kami telah turunkan dari Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman dan Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang zalim selain kerugian." 

Selain merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran, kita suci ini juga memiliki khasiat sebagai penawar penyakit baik jasmani maupun rohani. Salah satunya seperti yang telah Dr Ahmed Al-Qadhi lakukan di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. 

Menurutnya, dengan mendengarkan atau membaca lantunan ayat suci Qur’an sudah dapat memberikan perubahan fisiologis besar bagi tubuh manusia.

Dalam studi lain, pada Universitas Salford, Inggris para ahli juga menemukan bahwa peserta yang membaca Qur’an menjadi jauh lebih rileks serta tenang setelahnya. Hal ini dibandingkan dengan peserta lain yang membaca buku biasa.

2. Ayat Al-Quran untuk Merawat Hati dan Jiwa

Dalam buku berjudul "Qur'an The Healing Book”, karya Abduldaem Al-Kaheel telah menjelaskan beberapa ayat dalam Qur’an. Di mana saat seseorang yang merasakan sakit baik rohani maupun jasmani bisa membaca beberapa ayat tersebut.

Berikut ini sudah penjelasan terkait ayat untuk merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran, yaitu:

·       Baca Surah Al-Fatihah sebanyak tujuh kali

Fatihah sebagai surah pembuka dari kitab suci Qur’an yang memiliki banyak manfaat. Para ulama, juga telah sepakat mengenai keunggulan dari surah yang terkenal sebagai Ummul Qur’an. 

Rasulullah SAW sendiri bersabda “Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah setara dengan surah Al-Fatihah dalam Taurat, Injil, Zabur, bahkan dalam Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim).

·       Baca Ayat Kursi atau Al-Baqarah Ayat 255

Ayat Kursi memang memiliki posisi penting dalam penyembuhan apabila seseorang yang sedang sakit membacanya. Allah SWT nantinya akan memelihara orang yang membacanya dari seluruh kejahatan, keburukan, serta penyakit. 

Sementara itu, Al-Baqarah Ayat 225 juga berguna untuk merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran, apabila Anda baca saat pagi serta sore hari. Seperti penjelasan ayat di bawah ini:

لَّا يُؤَاخِذُكُمُ ٱللَّهُ بِٱللَّغْوِ فِىٓ أَيْمَٰنِكُمْ وَلَٰكِن يُؤَاخِذُكُم بِمَا كَسَبَتْ قُلُوبُكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ حَلِيمٌ

Artinya: “Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) disengaja oleh hatimu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun”.

·       Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah

Surah Baqarah ayat 285 dan 286 juga bermanfaat untuk merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran.

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِۦ ۚ وَقَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ

Artinya: "Rasul telah beriman kepada Alquran diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang beriman. Semuanya berima kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya serta rasul-rasul-Nya."

Mereka mengatakan: "Kami tidak membeda-bedakan antara seorang pun (dengan lain) dari rasul-rasul-Nya," serta mereka mengatakan "Kami dengar kami taat." Mereka berdoa, "Ampunilah kami ya Tuhan dan kepada Engkaulah tempat kembali."

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) dikerjakannya."

Mereka berdoa: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau membebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau membebankan kepada orang-orang sebelum kami."

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaf kami, ampuni kami, serta rahmati kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Bahkan, rasulullah juga menyebutkan, barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Baqarah malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai hal. Mulai dari keburukan, penyakit, rasa khawatir, serta gelisah bahkan merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran.

·       Surah Al-Ikhlas

Surat ini sebenarnya setara dengan sepertiga Qur’an, sebagaimana Rasulullah SAW telah menjelaskannya. Surat ini memiliki makna tentang sifat-sifat keesaan Allah SWT yang tidak ada pada ayat lainnya. Karenanya, surah ini terkenal penting sekali untuk penyembuhan semua penyakit serta merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran.

·       Surah Al-Falaq dan An-Naas

Rasulullah SAW juga bersabda, tidak ada sesuatu yang dapat melindungi seorang mukmin melebihi dari dua surat tersebut. Ketika seorang mukmin telah berlindung kepada Allah SWT serta membaca dua surat ini. Maka Allah SWT senantiasa akan melindungi serta membentenginya dari berbagai keburukan penyakit.

Qur’an sendiri merupakan pedoman paling mulia bagi setiap muslim. Karenanya, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang dapat mempelajari Qur’an dan mengamalkannya.” 

Untuk bisa belajar Qur’an Anda dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja. Jadi dengan penjelasan di atas, usahakan Anda selalu merawat hati dan jiwa dengan Al-Quran.

 

Sumber referensi:

https://news.detik.com/berita/d-4729978/7-keutamaan-membaca-alquran-setiap-hari

https://news.uad.ac.id/keutamaan-manusia-agar-menjaga-kebersihan-hati-akal-dan-fisik/

https://megapolitan.antaranews.com/berita/71790/membaca-ayat-al-quran-bisa-redakan-gelisah-dan-stres

https://tafsirweb.com/863-surat-al-baqarah-ayat-225.html

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024