Artikel

‍Pengaruh Al-Quran dalam Pembentukan Pemikiran dan Peradaban Islam

M.A.I

February 29, 2024

Setiap bangsa di dunia mempunyai istilah tersendiri untuk menggambarkan tahapan kejayaan seperti halnya dengan peradaban Islam dan kemajuan kehidupan yang telah dicapainya.

‍Pengaruh Al-Quran dalam Pembentukan Pemikiran dan Peradaban Islam

Secara umum peradaban merupakan hasil rangkaian produk kebudayaan manusia. Semakin banyak produk budaya yang dimiliki suatu bangsa maka semakin tinggi pula tingkat peradaban bangsa tersebut.

Agama juga memegang peranan penting dalam membangun suatu peradaban. Karena peran agama membentuk cara pandang seseorang dan suatu masyarakat serta perilaku serta tindakannya dalam kehidupan.

Pengertian Sejarah Perkembangan atau Peradaban Islam

Sejarah perkembangan Islam merupakan kajian yang meliputi perkembangan agama Islam dan pengaruhnya terhadap kebudayaan, politik, dan perekonomian di berbagai belahan dunia.

Perkembangan ini mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan peradaban lainnya. Peradaban dapat diartikan sebagai keseluruhan seluruh aspek kehidupan yang berkaitan dengan agama Islam.

Termasuk nilai, norma, budaya, dan lembaga yang diciptakan oleh umat Islam. Perkembangan ini tidak hanya mencakup aspek keagamaan tetapi juga mencakup bidang-bidang seperti ilmu pengetahuan, seni, arsitektur, serta sistem pemerintahan.

Peradaban Islam mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan peradaban lain. Salah satu ciri utama sejarah ini adalah kuatnya pengaruh agama pada setiap aspek kehidupan masyarakat beragama muslim.

Agama tidak hanya berfungsi sebagai landasan moral tetapi juga sebagai pedoman dalam menghadapi kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang hukum, ekonomi, dan politik.

Agama mengajarkan umatnya untuk hidup damai dengan sesama manusia, tanpa memandang perbedaan agama atau suku. Hal ini tercermin dalam konsep “Ummah” mengacu pada komunitas Muslim yang saling mendukung.

Perkembangan ini juga terkenal dengan kemajuan ilmu pengetahuannya. Pada Masa Keemasan (abad ke-8 hingga ke-14), banyak ilmuwan Muslim yang melakukan terobosan besar di berbagai bidang.

Peradaban Islam seperti ilmu matematika, astronomi, kedokteran, dan filsafat. Contoh yang terkenal adalah Al-Khwarizmi, seorang matematikawan Persia telah dikenal sebagai “Bapak Aljabar” atas kontribusinya terhadap perkembangan aljabar.

Islam di Dunia Barat Abad Pertengahan

Abad Pertengahan yang berlangsung sekitar tahun 7 hingga 11 M dapat dikatakan sebagai Abad Kegelapan bangsa-bangsa Barat, khususnya di Eropa. Ilmu pengetahuan belum banyak berkembang juga masyarakat Barat pada saat itu hidup di lingkungan yang kumuh dan liar, serta kota terbesar hanya berpenduduk tidak lebih dari 25.000 jiwa.

Rumah serta bangunan di sana hanya terbuat dari batu dan di dalamnya mereka tinggal bersama hewan peliharaan. Pada Abad Pertengahan, jalan-jalan di kota-kota Eropa belum memiliki penerangan dan tidak memiliki sistem drainase maupun saluran air.

Sebelum peradaban Islam banyak wabah penyakit terjadi karena masyarakat Barat tidak mengetahui cara menjaga kebersihan yang baik. Artinya, kehidupan masyarakat saat ini jauh dari kemakmuran yang diberitakan oleh para sejarawan mereka sendiri, khususnya berkaitan dengan kehidupan bangsa Anglo-Saxon tinggal di Inggris.

Dapat dikatakan bahwa keadaan umat muslim pada Abad Pertengahan, khususnya yang tinggal di Spanyol dan Andalusia di Eropa, sangat berbeda dengan keadaan negara-negara Barat pada umumnya.

Kota-kota yang dihuni umat Islam seperti Cordoba, Granada berserta kota-kota lainnya memiliki lebih dari satu juta penduduk. Ilmu pengetahuan serta arsitektur berkembang pesat oleh peradaban Islam.

kota-kota di sana dilengkapi dengan penerangan jalan atau sistem pipa air yang sangat baik yang berfungsi untuk menjaga kebersihan kota dan lingkungan. Bangunan juga taman indah dari periode ini seperti Istana Az Zahra di Cordoba dan Benteng Alhambra atau Istana Alhambra di Granada.

Beberapa Tahapan Perkembangan Peradaban Islam

Perkembangan Islam dapat dibagi menjadi beberapa fase penting. Fase-fase tersebut meliputi masa awal Islam, masa kejayaan, dan masa pasca kejayaan.

1. Periode Awal Masuknya Islam

Masa awal Islam dimulai pada abad ke 7 M ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah. Pada masa ini, agama berkembang pesat di dunia Arab dan sekitarnya.

Saat itu masyarakat Arab hidup dalam keadaan Jahiliya, masa kegelapan dimana tidak ada kepemimpinan agama yang jelas. Dengan masuknya agama ini, masyarakat Arab mengalami perubahan yang signifikan dalam segala bidang kehidupan.

2. Masa Keemasan atau Kejayaan

Masa kejayaan peradaban Islam terjadi pada abad ke-8 hingga ke-14 Masehi. Pada masa ini peradaban mulai mencapai puncaknya dengan hadirnya dinasti-dinasti besar seperti Bani Abbasiyah dan Bani Umayyah.

Pada masa ini juga, ilmu pengetahuan juga seni berkembang pesat di duni. Banyak penemuan serta karya monumental berasal dari perkembangan umat bergama Islam, seperti sistem angka Arab, ilmu kedokteran, dan arsitektur masjid megah.

Perkembangan Islam juga mempunyai beberapa ciri khas seperti tingginya minat seseorang pada sains serta penelitian. Perkembangan arsitektur yang indah juga megah seperti masjid dan istana.

Kaya akan perkembangan seni dan sastra, seperti kaligrafi sera puisi. Pentingnya toleransi serta keadilan dalam sistem politik Perkembangan sistem ekonomi maju seperti perdagangan dan perbankan.

3. Masa Pasca Kejayaan

Masa pasca kejayaan ini dimulai pada abad ke-15 hingga saat ini. Pada periode ini, peradaban Islam mengalami kemunduran karena berbagai faktor.

seperti invasi bangsa Eropa, peperangan antar umat muslim, perubahan sosial politik di dunia Islam. Meski demikian, perkembangan tersebut masih memberikan pengaruh yang signifikan di berbagai bidang, khususnya ilmu pengetahuan dan seni.

Perlu Anda ketahui bahwa perjalan agama ini telah memberikan kontribusi besar kepada dunia dalam berbagai bidang antara lain Perkembangan ilmu pengetahuan alam khususnya matematika, astronomi juga kedokteran.

Penyebaran ilmu pengetahuan kuno melalui penerjemahan karya-karya Yunani dan Romawi ke dalam bahasa Arab. Perkembangan sistem bilangan arab serta aljabar. Mengembangkan seni arsitektur yang indah seperti Masjid Agung serta Masjid Agung Cordoba dan peradaban Islam juga pengaruhnya terhadap budaya beserta tradisi di berbagai negara.

 

Sumber:

Sejarah Peradaban Islam di Dunia - DalamIslam.com

Pengertian Admin: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli (geograf.id)

98384-ID-perkembangan-pemikiran-dan-peradaban-isl.pdf (neliti.com)

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024