Pentingnya Konsistensi dalam Mempelajari Al-Quran: Menyegarkan Hati dan Jiwa

M.A.I

February 11, 2024

Tetap konsisten dalam mempelajari Al-Quran itu mudah, semua orang dapat melakukannya. Bagi umat Islam, Al-Quran adalah kitab suci yang mengandung berbagai macam hal. Baik itu kisah-kisah lama, sebuah pelajaran, hikmah hingga pedoman untuk seluruh umatnya.

Tetap konsisten dalam mempelajari Al-Quran itu mudah, semua orang dapat melakukannya

Dengan adanya Al-Quran, semua manusia bisa mendapatkan pembelajaran, nasihat dan juga peringatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Al-Quran mengandung prinsip dan aturan dalam agama Islam, sehingga ayat-ayatnya bisa dijadikan sebagai landasan kehidupan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari ayat-ayat Al-Quran, rasa penasaran bisa dijadikan sebagai sebuah motivasi. Rasa penasaran akan membantu Anda untuk tetap konsisten dalam mempelajari Al-Quran, karena ada banyak hal yang perlu dipelajari dari ayat-ayatnya.

Selain menjawab rasa penasaran, Al-Quran juga mampu membantu Anda untuk terhindar dari kesalahan. Larangan-larangan yang ada di dalamnya bisa menjadi sebuah acuan. Untuk tetap hidup di jalan yang benar dan menjalani kehidupan sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Berkah Saat Konsisten dalam Mempelajari Al-Quran

Allah SWT telah memerintahkan umatnya untuk menghayati dan menaati aturan yang ada di dalam Al-Quran. Kitab suci menjadi petunjuk dan pedoman hidup, sehingga umat Islam tidak melenceng dari jalan yang benar, sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Konsisten dalam mempelajari Al-Quran dapat menyegarkan hati dan jiwa semua dari godaan setan. Petunjuk-petunjuk yang ada di dalamnya sangat berguna, terutama untuk menjaga diri sendiri. Kebaikan yang ada harus diterapkan supaya hidup jadi lebih tenang dan berkah.

Tidak luput dari ibadah yang harus dijalani oleh seluruh umat Islam, Al-Quran telah memberi kita pembelajaran. Mempelajari Al-Quran dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Bahkan, tata cara ibadah yang benar dan disukai Allah SWT juga bisa Anda pelajari dari sana.

Banyak keberkahan yang bisa kita rasakan setelah mempelajari Al-Quran secara konsisten. Di dalam kehidupan manusia, Al-Quran adalah petunjuk terbesar. Konsisten dalam mempelajari Al-Quran dapat membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan benar.

Cara Konsisten saat Mempelajari Ayat Al-Quran

Pastinya ada banyak sekali cara untuk meningkatkan motivasi kita semua, dalam mempelajari Al-Quran. Selain dari rasa penasaran yang tinggi, Al-Quran masih menyimpan banyak misteri.

Oleh sebab itu, umat Islam harus mengutamakan isi dan pelajaran-pelajaran di dalamnya. Untuk tetap konsisten dalam mempelajari Al-Quran, berikut tipsnya untuk Anda :

1.      Dengarkan Cerita Sahabat Nabi

Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW tersirat di dalam ayat-ayat Al-Quran sebagai sebuah pembelajaran bagi seluruh umat Islam. Dengan mendengarkan kisah sahabat Nabi, Anda jadi tertarik untuk mengetahui dan membaca langsung kisah perjalanan mereka.

Melalui kisah yang tersirat di setiap ayat Al-Quran, keinginan membaca menjadi lebih baik. Pastinya, Anda akan lebih konsisten dalam mempelajari Al-Quran setelah membaca dan melihat langsung kisah perjalanan Nabi beserta sahabatnya di setiap surah yang ada.

2.      Memahami Maknanya

Misteri di setiap ayat Al-Quran itu banyak dan Anda dapat mempelajarinya. Baca ayatnya, lalu pahami makna yang terkandung di dalamnya. Setiap ayat memiliki maknanya sendiri-sendiri, bahkan dalam satu surah bisa mengandung makna yang sangat mendalam.

Jadikan ayat-ayat tersebut sebagai motivasi, agar Anda bisa terus konsisten saat membaca Al-Quran. Dengan memahami makna-maknanya, seluruh umat Islam akan mendapatkan nasihat dari Allah SWT dan Rasulullah SAW secara langsung melalui ayat Al-Quran.

3.      Memahami Tanda Baca

Selain makna yang tersirat di dalam ayat Al-Quran, Anda juga bisa memahami setiap tanda bacanya. Tanda baca penting ketika membaca karena tajwid, waqaf dan simbol memiliki peran khusus. Terutama untuk terus konsisten dalam mempelajari Al-Quran.

Tanda baca bisa memberikan penekanan kata, menunjukkan makna yang lebih mendalam serta menghentikan bacaan sesuai kaidahnya. Anda akan lebih mudah dalam memahami ayat Al-Quran, terutama untuk surah yang mengajarkan tentang makna kehidupan.

4.      Menggunakan Teknik Tartil

Selain rasa keingintahuan dan makna surah Al-Quran, teknik membaca juga bisa dijadikan sebagai sebuah motivasi. Teknik baca Tartil dapat membuat Anda tetap konsisten dalam mempelajari Al-Quran karena pelafalan ayat-ayatnya menggunakan teknik khusus.

Contoh teknik pelafalannya seperti lantunan bacaan yang indah, lambat, perlahan hingga cepat secara bertahap. Penekanan ayat dan tanda baca perlu diperhatikan agar lafalannya bagus. Inilah salah satu alasan mengapa teknik tartil sangat menarik untuk dicoba.

5.      Mempelajarinya Bersama

Terakhir, Anda dapat mempelajari Al-Quran bersama mentor, orang tua atau teman. Jika memiliki teman baca, Anda pasti bisa lebih konsisten dalam mempelajari Al-Quran. Anda dapat membagi waktu untuk membaca dan mempelajarinya secara bersama-sama.

Membaca Al-Quran secara bersama itu lebih seru dan menyenangkan. Apalagi saat Anda sedang memahami makna yang terkandung di dalamnya. Diskusi bersama mengenai kisah perjalanan Nabi terdahulu dan sahabat-sahabatnya, akan terasa menyenangkan.

Manfaat Membaca dan Mempelajari Al-Quran secara Konsisten

Jangan salah, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat mempelajari Al-Quran. Anda bisa menemukan ketenangan hati saat mengetahui kisah Nabi di masa lalu. Bahkan, Anda juga bisa meraih rahmat Allah SWT melalui pedoman yang dicantumkan di dalam surahnya.

Hafalan surah-surah pendek juga akan membantu Anda nantinya, ketika memimpin Shalat. Ajaran yang terkandung di dalamnya bisa dijadikan sebagai pedoman dalam hidup. Terapkan semua ajarannya, supaya Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan disukai Allah SWT.

Sesama umat Islam pasti senang jika Anda bisa memahami Al-Quran sampai ke level tertentu. Mereka akan menjadikan Anda sebagai orang yang mulia karena mau mempelajari Al-Quran secara konsisten, sampai mengetahui makna, aturan, pedoman dan nasihat di dalamnya.

Sebagai umat Islam yang dirahmati Allah SWT, Anda akan mendapatkan banyak pahala ketika terus membaca Al-Quran. Konsisten dalam mempelajari Al-Quran itu tidak sulit selama Anda termotivasi untuk menjadi pribadi baik dan ingin terus berada di jalan yang benar.

 

 

Ref : Cara Cepat Membaca Alquran: Metode yang Menyenangkan dan Efektif - Tak Terlihat

Tiga Alasan Pentingnya Memahami Alquran | Republika Online

Pentingnya Adab dalam Mempelajari, Menghafal, dan Mengaplikasikan Al Quran dalam Kehidupan Sehari-hari Halaman 1 - Kompasiana.com

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024