Artikel

Pentingnya Tadabur Quran : Merenungi dan Menerapkan Ajaran Al-Quran dalam Kehidupan Sehari-hari

M.A.I

February 2, 2024

Membaca dan tadabur Quran adalah dua hal berbeda namun saling berkaitan. Membaca Quran merupakan aktifitas umum yang biasa dilakukan seorang muslim usai menunaikan sholat fardhu maupun sunnah.

Membaca dan tadabur Quran

Sementara tadabur lebih pada pemahaman kemudian mengamalkan isi Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Memangt idak mudah untuk bisa mengamalkan isi Al-Quran namun sebetulnya manfaatnya sangat penting, berikut penjelasannya.

Pengertian Tentang Tadabur Quran

Arti dari tadabur Quran adalah memahami, merenungi, meresapi makna dalamayat-ayat Al-Qur’an kemudian mengamalkan dan mengimplementasikannya. Jadi bukan hanya membaca seperti aktifitas rutin untuk mendapatkan pahala di sisi AllahSWT saja.

Mentadaburi Al-qur’an sangatdianjurkan oleh orang-orang terdahulu. Sayyidina Ali pernah berkata:

يا حملة القرأن أو يا حملة العلم،اعملوا به فإنما العالم من عمل بما علم.

“Wahai penghafal Al-Qur’an atau pemilik ilmu, amalkan apa yang kau miliki, sesungguhnya orang alim adalah orangyang mengamalkan ilmunya”.

Imam Hasan al-Bashri juga menegaskan:

وما تدبر أياته الاباتباعه

“Tidaklah seorang merenungi ayat-aya tAl-Qur’an kecuali ia mengikuti apa yang terkandung di dalamnya. (Khalidal-Lahim, Mafatih Tadabbur Al-Qur’an wa al-Najah fi al-Hayat, 21).

Tadabur Quran merupakan hal yang mudah dan bisa dikerjakan oleh siapa saja. Banyak ayat menjelaskan bahwa Al-Quran merupakan kitab yang mudah untuk dipelajari. Ini merupakan indikasi anjuran untuk mentadaburinya. Berikut ayat-ayat tentang tadabur.

1.    QS Al-Isra: 9

“SesungguhnyaAl-Qur’an memberi petunjuk jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira;kepada orang-orang beriman yang mengerjakan amal saleh. Bahwa bagi mereka ada pahala besar.”

2.    QS At-Tawbah: 63

“Dan tidakkah mereka memperhatikan Al-Qur’an? Jika itu dari selain Allah, tentu mereka mendapat padah dan kesulitan yang banyak karena itu adalah hal paling buruk akibatnya bagi orang-orang kafir.”

3.    QS Muhammad: 24

“Maka apa mereka tidak memperhatikan Al-Qur’an atau hati mereka telah terkunci?”

4.    QS Muhammad: 27

“Dan apakah mereka tidak memperhatikan dengan seksama, ataukah telah ada yang telah datang kepada mereka sebelumnya, sehingga mereka tidak menghiraukan itu?”

Beberapa Cara Melakukan Tadabur Quran

Dengan adanya ayat-ayat yangmenjelaskan anjuran mentadaburi kitab suci, maka sudah jelas aktifitas inimemiliki banyak keutamaan. Lalu bagaimana cara melakukannya? Berikut beberapatahapan yang bisa diikuti.

1.    Niat Kuat

Tadabur Quran harus dimulai dengan niat ikhlas dankuat. Niat ini nantinya yang akan jadi motivasi untuk bisa konsisten. Supaya niat ikhlas, selalu ingat bahwa dengan membaca saja pahalanya besar apalagi jika memahami arti kemudian mengamalkannya.

2.    Membaca secara Tartil dan Khusyu’

Langkah selanjutnya adalah mulai membaca Al-Qur’an dengan fokus. Fokus di sini adalah tartil dan khusyu’ terhindar dari pikiran-pikiran lain selain bacaan yang benar dan sesuai dengan tajwid.

Tartil ini merupakan perkara wajib saat membaca kitab suci sebab salah pengucapan bisa merubah arti. Jadi sebelum memahami arti, cara baca setiap hurufnya harus benar terlebih dahulu.

3.    Mempelajari Tafsir

Membaca tafsir sangat penting untuk mempermudah dalam memahami konteks dan latar belakang ayat. Biasanya dalam kitab terjemahan sudah ada tafsirnya sekaligus, jadi bisa langsung dipelajari.

4.    Mempelajari Sirah Nabi

Tahap ini tidak boleh dilewatkan karena akan mempercepat pemahaman. Sebagian besar isi dalam kitab Al-Quran adalah mengenai kehidupan para Nabi. Termasuk hikmah-hikmah positif juga ada dalam perjalanan kehidupan nabi dan rasul.

Banyak perkara yang terjadi pada zaman Nabi dan Rasul masih relevan dengan kehidupan saat ini. Peristiwa-peristiwa penting tersebut selain mempertajam pemahaman juga meningkatkan keimanan akan kebenaran ayat-ayat Al-Quran.

5.    Menggunakan Logika dalamPemahaman

Mentadaburi kitab suci bisa dianalogikan dengan kehidupansehari-hari. Setiap peristiwa pada dasarnya juga merupakan ayat Allah yang bisadipelajari dan diambil hikmahnya. Dengan pemahaman logis ini sekaligus juga mempermudah pengamalannya.

Pentingnya Tadabur Qurandalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagai umat Islam yang menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup, penting sekali untuk merenungi dan menerapkanisi di dalam kitab tersebut. Berikut beberapa arti penting tadabur yang bisa menambah motivasi menerapkannya.

1.    Mengurangi Stress

Merenungi dan menerapkan isi dalam kitab suci memberikan ketenangan. Selama membaca baik ayat maupun terjemahannya dengan fokus maka akan memunculkan pikiran positif sehingga bisa melupakan masalah-masalah dalam hidup.

2.    Meningkatkan Iman dan Taqwa

Kitab Al-Quran berisi firman Allah yang apabila dibaca kemudian dipahami artinya berkomunikasi dengan Allah. Ini akan meningkatkan iman dan taqwa terlebih karena di dalamnya berisi kebenaran-kebenaran mulaidari proses penciptaan sampai hari akhir.

3.    Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Keutamaan mentadaburi kitab suci adalah menjadi lebih dekatdengan Allah SWT. Salah satunya adalah karena firman Allah memberi kabar gembira dan janji yang pasti. Sifat manusia yang sering khawatir akan terminimalisir karena membaca firman tersebut.

Tadabur Quran memberikan jaminan kebaikan bagi para pelakunya. Saat membaca, tiap satu huruf saja sudah mendapatkan pahala kebaikan apalagi sampai memahami artinya. Semakin banyak membaca dan meresapi

4.    Menjadi Pribadi yang LebihBaik

Pesan-pesan positif, anjuran-anjuran sesuai kewajiban maupun sunah jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari akan memberi perubahan pada pribadi seseorang. Menjalani hidup sesuai ajaran agama akan menjaga seseorang selalu berbuat kebaikan.

Dekat dengan kitab suci akan secara otomatis mendorong seseorang mengikuti semua yang tercantum didalamnya. Sehingga dari sikap,tingkah laku, cara pikir, perkataan semua akan jadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada pengaruh negatif sedikitpun saat seseorang berpegang teguh pada kitab suci agama dan mengamalkan isinya. Inilah mengapa tadabur Quran dianjurkankarena memang penting untuk dilakukan.

 

link:

https://islam.nu.or.id/ilmu-al-Quran/pentingnya-merenungi-al-qur-an-bukan-cuma-membaca-ELmDa

https://tanwir.id/merenungkan-al-Quran-tadabbur-definisi-ayat-kitab-dan-praktiknya/

https://langit7.id/read/25756/1/mengenal-tadabbur-alQuran-dan-penerapannya-dalam-kehidupan-seharihari-1668726708#:~:text=%22Hanya%20dengan%20mentadaburi%20ayat-ayatnya%2C%20merenungkan%20maknanya%20dan%20memikirkannya,membaca%20dengan%20cepat%20yang%20tidak%20mengandung%20maksud%20ini.%22

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024