Artikel

Tips dan Trik Menghafal Quran Ayat-Ayat yang Mirip

MAI

February 3, 2024

Dalam menghafal Al-Quran, Anda perlu menerapkan tips dan trik menghafal Quran yang ayatnya mirip. Penting mengerti dan peka mengidentifikasi ayat-ayat yang mirip tersebut supaya tidak tertukar sehingga lebih mudah diingat.

perlu menerapkan tips dan trik menghafal Quran yang ayatnya mirip

Selain diingat dan dipahami, masing-masing ayat yang mirip tersebut tentunya memiliki konteksnya sendiri-sendiri. Maka dari itu sebaiknya penghafal Quran langsung mengecek letak posisinya, mencari tahu persamaan dan perbedaannya.

Setelah mencermati persamaan ayat-ayat itu, sebaiknya memberikan tanda blok biru langsung pada lafaz yang memiliki kemiripan. Anda dapat menuliskan faktor persamaan atau pembedanya pada secarik kertas kemudian disimpan agar terus ingat.

Tips dan Trik Menghafal Quran yang Ayat-Ayatnya Mirip

Untuk mempermudah niat dalam mendalami Quran, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam usaha menghafal Quran. Berikut tips dan trik menghafal Quran khususnya pada ayat-ayat yang mirip.

1.     Perjelas Niat Menghafal Quran

Niat merupakan syarat penting sebelum memulai menghafal Al-Quran agar mendapatkan pahala terbaik dari Allah SWT. Niat yang lurus menghindarkan hati dari niat butuh maupun jatuh ke dalam riya’.

Perlu meneguhkan keyakinan dalam diri bahwa menghafal Quran itu mudah agar pikiran termotivasi. Jika hanya memikirkan kesulitannya, maka selamanya belajar menghafal Quran akan terasa susah.

Setelah menentukan niat, maka laksanakan sholat hajat dengan meminta pada Allah agar dimudahkan dalam menghafal Quran. Mintalah kepada Allah sebagai pemilik Quran supaya Anda bisa menikmati kemudahan itu.

2.     Gunakan Satu Jenis Mushaf

Tips dan trik menghafal Quran dengan kesamaan ayat adalah menggunakan satu jenis mushaf atau partitur Al-Quran. Mushaf yang sama membuat Anda lebih mudah dan peka untuk mengingat ayat-ayat hafalan.

Membaca sekaligus menghafal Quran sendiri dapat dianalogikan seperti otak manusia menyimpan gambar dalam memori. Bentuk mushaf tadi akan mempengaruhi struktur ingatan penghafalnya pada memori otak.

3.     Fokus pada Ayat yang Sedang Dihafalkan (Jika Belum Hafal)

Apabila keterangan ayat yang mirip dengan yang sedang Anda hafalkan sekarang (tapi belum hafal), maka tidak perlu mengecek ayat tersebut. Anda cukup fokus saja pada ayat yang sedang dihafalkan saat itu.

Misalnya menghafal Surat At-Takwir ayat 6, di bawahnya terdapat keterangan mirip seperti Surat Al-Infithar ayat 3. Maka jika Anda belum hafal surat Al-Infithar, fokus saja ke surat At-Takwir supaya tidak kebingungan.

4.     Perhatikan Ayat Setelah yang Sedang Dihafalkan (Jika Sudah Hafal)

Tips dan trik menghafal Quran selanjutnya adalah dengan mengecek langsung ke lokasi ayatnya langsung sesuai panduan keterangan di bagian bawah. Ini dapat dilakukan jika Anda sudah hafal kedua ayat yang mirip.

Pastikan letak kemiripannya, jika ada perbedaan perhatikan juga letak perbedaannya di mana. Misalnya sedang menghafal Surat Al-Infithar ayat 3 dan mirip dengan Surat At-Takwir ayat 6 yang sudah Anda hafalkan sebelumnya.

Maka langsung buka saja Surat At-Takwir ayat 6 tersebut lalu perhatikan perbedannya. Pada surat Al-Infithar ayat 3 memiliki lafaz belakangnya فُجِّرَتْ sedangkan di Surat At-Takwir ayat 6 lafaz belakangnya yaitu سُجِّرَتْ

Atau jika menemukan ayat sama persis, maka letak perbedaan yang perlu diperhatikan adalah ayat sesudahnya. Misalnya seperti surat Az-Zukhruf ayat 83 kemudian di bawahnya ada keterangan mirip Surat Al-Ma’arij ayat 42.

Karena redaksi keduanya sama persis, tips dan trik menghafal Quran adalah memperhatikan ayat sesudahnya.

Surat Az-Zukhruf ayat 84 berbunyi

وَهُوَ الَّذِي فِي السَّمَاءِ إِلَٰهٌ وَفِي الْأَرْضِ إِلَٰهٌ ۚ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْعَلِي

Sedangkan Surat Al-Ma’arij ayat 43 bunyinya

يَوْمَ يَخْرُجُونَ مِنَ الْأَجْدَاثِ سِرَاعًا كَأَنَّهُمْ إِلَىٰ نُصُبٍ يُوفِضُونَ

5.     Cek Pola Ayat yang Sama pada Surat yang Sama

Dalam Al-Quran memang ayat tersebut diulang berkali-kali bahkan dengan redaksi sama persis. Fungsinya bisa untuk mengawali ataupun mengakhiri topik pembahasan. Maka penting untuk memahami ayat, tidak hanya mengingatnya saja.

6.     Cek Ayat yang Sama pada Surat Berbeda

Kesamaan ayat إِنَّ ٱلْأَبْرَارَ لَفِى نَعِيمٍ juga terjadi pada Al Muthaffifin dengan Al Infithar. Agar tidak tertukar, selalu perhatikan ayat sambungan sebelum maupun sesudahnya.

7.     Cek Ayat Mirip di Surat yang Sama

Tips dan trik menghafal Quran dengan kesamaan ayat adalah memperhatikan makna ayatnya. Terkadang ada bagian berbeda untuk menjelaskan topik berlawanan. Misalnya ayat كَلَّآ إِنَّ كِتَٰبَ ٱلْفُجَّارِ لَفِى سِجِّينٍ di Al Mutaffin.

Bagian ini membahas orang durhaka. Sedangkan ayat كَلَّآ إِنَّ كِتَٰبَ ٱلْأَبْرَارِ لَفِى عِلِّيِّينَ sama-sama di Al Mutaffin membahas tentang orang berbakti.

8.     Cek Ayat Mirip di Surat Berbeda

Apabila munculnya kemiripan ayat hanya dua kali di dua surat, maka kaitkan ayat yang berbeda itu dengan nama suratnya. Misalnya ayat وًإدا البحار di Surat At-Takwir dan Al-Infithar.

9.     Rajin Murojaah (Mengulangi Bacaan)

Adapun tips dan trik menghafal Quran dengan kemiripan ayat adalah rajin-rajin murojaah atau mengulangi bacaan tersebut. sebaiknya tidak terburu-buru menambah hafalan. Semakin sering murojaah, maka tersimpan dalam ingatan untuk waktu lama.

10.  Rajin Mendengarkan Murotal

Anda dapat mendengarkan murotal sebagai salah satu cara mudah cepat menghafal Quran. Hal ini dikarenakan ayat yang dibacakan dengan irama merdu kemudian didengar berulang-ulang akan membuat otak cepat menghafalnya.

11.  Istiqomah (Konsisten)

Istiqomah adalah kunci penting jika Anda ingin lancar menghafalkan Al-Quran agar tetap memiliki prinsip teguh meskipun dalam kondisi sulit. Hafalan dapat dicapai jika konsisten menghafal ayat tersebut terus-menerus.

Memahami makna ayat itu lebih penting supaya mudah mengingatnya meskipun mirip-mirip. Ulangi terus serta lakukan tips dan trik menghafal Quran di atas sampai fokus agar tidak tertukar menyambungkan potongan ayatnya.

 

 

Link referensi:

https://hilal.co.id/tips-hafalan-membedakan-ayat-ayat-mirip/

https://www.gramedia.com/best-seller/metode-cepat-hafal-alquran/

https://www.maanapublishing.com/tips-jitu-menghafal-ayat-ayat-serupa/

https://fiftarina.com/tips-mengingat-ayat-yang-mirip-di-dalam-alquran/

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024