Artikel

Cara Menghafal Quran Surah Surah Pilihan Seperti Yasin, Ar-Rahman

MAI

April 13, 2024

Menghafal Quran surah pilihan memiliki banyak keutamaan, sehingga dengan membacanya akan mendapatkan ketenangan batin tiap kali melantunkannya.

Cara Menghafal Quran Surah Surah Pilihan Seperti Yasin, Ar-Rahman

Dengan begitu, Anda bisa melantunkan surah pilihan tersebut di mana dan kapan saja.

Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap surah di Al-Quran memiliki keutamaannya masing-masing. Oleh sebab itu, setidaknya beberapa surah tersebut perlu dihafalkan dan diajarkan kepada anak agar terbiasa, hingga dewasa.

Tentu banyak orang berpikir bahwa menghafalkan setiap surah tersebut tidaklah mudah, melainkan membutuhkan tekad kuat, keseriusan, metode, dan lain sebagainya. Metode itulah yang perlu Anda cara agar proses penghafalan menjadi lebih lancar.

Dalam menghafal setiap surah tidak hanya menyebutkannya secara asal, melainkan perlu memperhatikan tajwid di dalamnya. Dengan begitu, ayat dan makna tidak berubah apabila para calon penghafal tersebut memperhatikan setiap tajwidnya.

Penggunaan bahasa Arab memang berbeda dari kebanyakan bahasa, hanya berbeda panjang dan pendeknya harokat bisa berbeda arti. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan hal tersebut terlebih dahulu apabila nantinya ingin menghafalkannya.

Bagaimana Cara Mudah Menghafal Quran Surah Pilihan?

Menghafal Quran surah pilihan seperti halnya surah yasin dan Ar-Rahman tentu berbeda dari surah-surah pendek yang biasa dibacakan ketika shalat. Hal itu karena surah-surah tersebut termasuk surah cukup panjang yang tidak bisa dihafalkan hanya satu hari saja.

Proses penghafalannya juga berbeda karena harus dilakukan secara perlahan dan rutin. Apabila hal tersebut dilakukan, maka Anda akan semakin cepat dalam menghafalkannya. Setidaknya surah panjang tersebut bisa hafal tidak sampai satu bulan.

Bagi Anda yang sudah memiliki keinginan kuat untuk menghafal beberapa surah panjang di dalam Al-Quran setidaknya perlu mengetahui beberapa langkah atau cara-caranya. Untuk beberapa cara yang patut dicoba yaitu sebagai berikut.

1. Memiliki Niatan yang Kuat

Salah satu cara menghafal surah pilihan yaitu Anda perlu memiliki niat yang kuat untuk menghafal surah tersebut. Tanpa adanya niatan tersebut, maka proses penghafalan sudah pasti terhambat dan kerap teralihkan dengan kegiatan lain.

Apabila sudah memiliki niatan kuat untuk menghafal setiap surah yang dipilih, maka setiap waktu yang sudah terjadwal digunakan untuk menghafalnya. Niat tersebut dapat menjadi pendorong mengapa Anda perlu menghafal surat-surat tersebut.

2. Ingat Keutamaan Surah

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa setiap surah memiliki keutamaannya masing-masing. Atas alasan itulah terkadang beberapa orang memutuskan untuk menghafal setiap surat agar bisa merasakan manfaat dari keutamaan tersebut.

Sedangkan hal tersebut kerap berhubungan dengan tujuannya di dalam hidup mengapa menginginkan keutamaan tersebut. Meskipun kesannya pamrih, namun semua itu sudah dijanjikan oleh Allah swt dalam memudahkan hambaNya.

Dengan mengingat beberapa keutamaan pada surah yang akan dihafalkan dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk bisa lebih cepat menghafalnya. Dorongan itulah yang akan membantu Anda dalam menghafal Quran surah pilihan.

3. Memasang Target

Apabila Anda ingin menghafal Quran surah pilihan secara mudah, maka sudah selayaknya memasang target untuk bisa selesai semuanya. Sedangkan target tersebut tetap tergantung dari masing-masing pembaca bisa seminggu maupun sebulan.

Akan tetapi, perlu diperhatikan setiap orang selalu memiliki kemampuannya sendiri dalam menghafal sesuatu dan hal itu berhubungan dengan daya ingat. Jadi, tidak perlu terlalu memaksaan cepat dalam waktu singkat, khawatir tajwidnya kurang tepat.

4. Sering Mendengarkan Murattal Surah Pilihan

Sering mendengarkan murattal surah pilihan juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menghafal Quran surah pilihan. Dengan mendengarnya secara terus menerus, maka telinga akan terbiasa dengan lafadz-lafadz lantuan ayat tersebut.

Misalnya saja kita ambil contoh ketika shalat, di mana makmum yang terbiasa mendengarkan surat yang dibaca oleh imam, maka sedikit-sedikit mengingat urutannya. Hal itulah yang nantinya akan mempermudah para penghafal ketika sudah mulai menghafalkannya.

5. Membaca Surah yang Sama Setidaknya 2 Kali dalam Seminggu

Hampir mirip seperti cara menghafal Quran surah pilihan sebelumnya, dengan membaca surah tersebut secara terus menerus akan mempermudah dalam proses penghafalan. Setidaknya Anda perlu membaca surat-surat tersebut 2 kali dalam seminggu.

Kalau kita ambil contoh yaitu seperti halnya surah yasin yang kerap dibacakan setiap ada acara tahlil atau malam jumat rutin, maka banyak orang tidak asing lagi setelah dibacakan. Secara otomatis, Anda bisa menghafal setiap rima maupun urutan ayat-ayatnya.

Membacakan setiap jumat rutin biasanya dilakukan seminggu satu kali, biasa Anda bayangkan apabila membacanya 2 kali dalam seminggu. Cara ini akan mempercepat Anda saat ingin menghafal surat pilihan tersebut.

6. Lihat Jumlah Ayat dan Membagi Ayat Hafalan Setiap Harinya

Sebelum mulai menghafal Quran surah pilihan, maka ada baiknya Anda perlu melihat jumlah ayat dalam surat tersebut. Dengan melihatnya, maka bisa diperkirakan kapan semua ayat bisa dihafalkan secara penuh.

Setelah melihat beberapa jumlah ayat dalam satu surat tersebut, maka Anda perlu membaginya setiap target hari kapan waktunya menuntaskannya. Dengan begitu, Anda bisa melakukannya secara perlahan dan benar-benar menghafalnya secara sempurna.

Sebagai contoh di dalam surah Yasin yang memiliki 83 ayat, di mana bisa dibagikan menjadi 10 ayat perhari. Ketika Anda ingin menyelesaikannya dalam 8 hari, maka setiap harinya hanya perlu menghafalkan 8 ayat pada surat Yasin.

7. Menyatukan Kembali Setiap Ayat yang Sudah Hafal

Setelah menghafal Al-Quran surah pilihan setelah pembagian dilakukan perharinya, maka sebagai final barulah Anda menyatukan semuanya. Namun, setiap pembagian ayat tersebut harus benar-benar dihafalkan sampai di luar kepala.

Dengan cara-cara yang sudah disampaikan sebelumnya, tentu proses menghafal akan menjadi lebih mudah dan cepat. Namun, alangkah baiknya Anda juga tidak hanya menghafal Quran surah pilihan saja, melainkan menghafalkan juga makna setiap ayatnya.

 

 

Link              : https://www.gramedia.com/literasi/keutamaan-surat-ar-rahman/

                     : https://m.rctiplus.com/news/detail/gaya-hidup/2785856/cara-menghafal-surat-yasin

                     : https://www.inews.id/lifestyle/muslim/cara-menghafal-surat-yasin/2

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024