Artikel

Dahsyatnya surah surah al quran untuk meminta perlindungan

Heri Mahbub N

February 2, 2024

Apa itu Al-Muawwidzataini? Surah surah al quran memiliki banyak keutamaan, ada nama-nama lainnya sebagai sebutan surah tersebut, seperti surah Al-Fatihah disebut juga ummul kitab, Sab’ul Matsani, semua ada dalilnya

Surah dalam Al-Quran

Surah surah al quran untuk perlindungan yaitu Al-Muawwidzataini

Apa itu Al-Muawwidzataini? Surah surah al quran memiliki banyak keutamaan, ada nama-nama lainnya sebagai sebutan surah tersebut, seperti surah Al-Fatihah disebut juga ummul kitab, Sab’ul Matsani, semua ada dalilnya, maka ada 2 surah yang disebut dengan al-muawwidzataini artinya surah untuk memohon perlindungan dari kejahatan, 2 surah tersebut ada keistimewaan khusus agar kita mendapat perlindungan Allah Swt dari berbagai kejahatan. Bahkan 2 surah tersebut sering dibaca menjadi doa zikir pagi dan petang, dibaca setelah salat dan sebelum tidur, menjadi bacaan ruqyah atau pengobatan. Maka apa saja keistimewaan 2 surah dari Al-Falaq dan An-Nas tersebut, mari kita bahas isi kandungannya.

Lengkap surah surah al quran ayat dan terjemah surah Al-Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ

1.  Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

2.  dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,  

3.  dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,  

4.  dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),  

5.  dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.” ( QS. Al-Falaq, 113: 1-5 )

Lengkap surah surah al quran ayat dan terjemah surah An-Nas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ مَلِكِ النَّاسِۙ اِلٰهِ النَّاسِۙ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ

1.  Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

2.  Raja manusia,

3.  sembahan manusia,

4.  dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

5.  yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,  

6.  dari (golongan) jin dan manusia.” ( QS. An-Nas, 114: 1-6 )

5 keutamaan surah surah al quran dalam surah Al-Falaq dan An-Nas

a. Rasulullah sering membacanya ketika witir salat malam, khususnya di rakaat yang ketiga,

Riwayat dari Aisyah rha. yang pernah ditanya tentang surah yang dibaca nabi Muhammad saw. dalam salat witir . Rasul jawab, “ pada rakaat pertama membaca surah Al-A’la, pada rakaat kedua membaca surah Al-Kafirun, dan di rakaat ketiga membaca Al-Ikhlas juga Al-Muawwidzataini (Al-Falaq dan An-Nas)“.

b. Kedua surah ini menurut As-Suyuti termasuk madaniyah, di turunkan ketika sudah hijrah ke Madinah, walaupun secara karakter surahnya pendek-pendek, terkait keimanan, aqidah, sehingga ada juga ulama berpendapat 2 surah ini makkiyah, menjadi keunikan sendiri surah ini adalah madaniyah di antara surah-surah al quran berkarakter makkiyah.

Dahsyatnya surah surah al quran Al-Falaq dan An-nas dalilnya berikut ini

c. Surah yang turun bersamaan di malam hari dan tiada bandingannya

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan malam ini? Tidak ada yang semisal dengannya, yakni qul a’udzu birabbin nas, dan qul a’udzu birabbil falaq.” (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi, dan An-Nasa’i)

d. Dua surah yang menjadi wasilah perlindungan dari berbagai kejahatan seperti sihir, hasad, penyakit Ain, godaaan syetan dll. Cukuplah pesan dari Rasulullah yang disampaikan kepada Abdullah Bin Abbas;

Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan – atau maukah kamu beritahu – sesuatu hal yang paling baik digunakan untuk berlindung?” Ibnu Abbas menjawab, “Iya mau wahai Rasulullah.” Beliau pun bersabda: bacalah “Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surah ini.” (HR. An-Nasa’i)

e. Dua surah tersebut menjadi obat dan penjagaan, kebiasaan Rasulullah membaca surah surah al quran seperti Al-Falaq dan An-Nas sebelum tidur, seperti diriwayatkan Aisyah, Istrinya.

Dari Aisyah rha bahwasanya Nabi Muhammad saw jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian beliau meniupkan dengan tangan terbuka dan membaca surah al-Ikhlas, surah al-Falaq dan surah an-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan tersebut, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari).

3 pelajaran yang bisa diambil dari surah surah al quran tersebut, yaitu:

1.  Jika kita ingin mendapat perlindungan di dunia dan akhirat maka langsung meminta kepada Allah yang maha melindungi, jangan kepada selain Allah Swt.

2.  Pernah merasa takut akan kejahatan makhluk-Nya? takut saat malam gelap gulita? Takut sihir dan kedengkian manusia? Kita pasti pernah merasakannya. Maka hayati dan  bacalah 2 surah tersebut untuk meminta perlindungan-Nya.

3.  Saat hati kadang merasa waswas, kecewa, galau, merasa terkena bisikan jahat dari jin dan manusia maka berdoalah memohon perlindungan kepada Allah Swt. dengan membaca berulang-ulang surah surah al quran tersebut. Yaitu surah Al-Falaq dan An-Nas.

Penutup tentang surah surah al quran Al-Muawwidzataini

Cukuplah pelajaran dan keutamaan  tersebut menjelaskan tentang kandungan Al-Muawwidzataini yang sangat agung, manfaatnya sangat besar untuk diamalkan, sebenarnya masih banyak keutamaan lainnya yang tak terbatas, 5 dalil diatas cukup mewakili untuk diamalkan umat Islam selama ini. Al-Quran adalah mukjizat abadi, masih banyak surah surah al quran lainnya yang memiliki keistimewaan dan bisa menjadi sarana kita meminta perlindungan kepada Allah Swt. semua ayat-ayat Quran adalah Kalamullah, wahyu-Nya. semoga sahabat Al-Quran semua Istiqomah meraih keberkahan dan perlindungan-Nya untuk keselamatan dunia dan akhirat. Aamiin

Oleh: Heri Mahbub N ( Konten Writer quran Cordoba )

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024