Artikel

Jauhi Putus Asa Perkuat Optimis Menghafal Quran

MAI

April 15, 2024

Rasa optimis menghafal Quran memang harus selalu dipupuk ketika ingin menjadi seorang hafidz. Karena ketika tidak memiliki rasa optimis dan kepercayaan diri tinggi untuk bisa menghafal tentu saja itu bisa menjadi masalah tersendiri.Seperti merasa terlalu berat, sampai tidak bisa konsisten untuk menghafalkan dari hari ke hari.

Jauhi Putus Asa Perkuat Optimis Menghafal Quran

Padahal untuk menghafal ayat-ayat suci Al-Quran itu memang dibutuhkan kerja karena serta kesabaran.

Akan tetapi, dengan niat yang tulus dan juga izin Allah SWT semuanya akan menjadi jauh lebih mudah. Oleh karena itu Anda perlu menjauhi rasa putus asa dan memperkuat rasa optimis supaya semuanya dapat dilewati dengan mudah.

Alasan Harus Optimis Menghafal Quran

Sebagai seorang muslim tentunya bisa menghafal Al-Quran adalah salah satu pencapaian luar biasa. Karena tidak semua umat muslim mau melakukannya. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus optimis menghafal Quran.

1. Mendapatkan Ridho Allah SWT

Salah satu keutamaan atau manfaat yang akan dirasakan yaitu mendapatkan ridho Allah SWT. Anda akan mendapatkan jubah kehormatan, selain itu akan diangkat derajatnya Kemudian ditambahkan pahala atas setiap ayat yang telah dibaca.

Dengan ridho Allah SWT semuanya juga akan terasa jauh lebih mudah untuk dilakukan. Anda harus percaya setiap melakukan kebaikan akan mendapatkan kemudahan jalan untuk mencapainya.

Jadi tidak ada alasan Anda tidak merasa optimis menghafal Quran. Karena pada faktanya ada banyak orang berhasil melakukannya dengan ketekunan dan tentunya kerja keras.

2. Mendapatkan Syafaat

Pertolongan atau syafaat dari Allah SWT senantiasa hadir untuk orang-orang yang optimis menghafal Quran. Setiap umat muslim akan mendapatkan pertolongan ketika selalu kembali kepada Al-Quran untuk menyelesaikan permasalahan pada hidupnya.

Tentu saja keistimewaan seperti ini sungguh menjadi anugerah luar biasa. Setiap umat muslim sudah seharusnya memanfaatkan kesempatan luar biasa seperti ini dengan maksimal.

3. Membahagiakan Kedua Orang Tua

Orang tua pastinya akan merasa senang atau bangga ketika putra atau putrinya berhasil menjadi seorang hafizd. Karena manfaatnya bukan hanya akan dirasakan di dunia saja akan tetapi juga akan dirasakan di akhirat.

Orang tua yang bisa mengantarkan putra-putrinya menjadi seorang penghafal Al-Quran akan mendapatkan keutamaan yaitu pahala khusus dari Allah SWT. Karena memang mengantarkan anak-anak supaya bisa menghafal Al-Quran itu bukan merupakan tugas mudah.

Membutuhkan kerja keras serta usaha ekstra supaya anak bisa terus konsisten dalam menghafal dan mempertahankan hafalannya. Tentu saja hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang tua luar biasa.

4. Mendapatkan Pahala Berlipat

Rasa optimis menghafal Quran harus dengan baik ketika ingin mendapatkan pahala berlipat dari Allah SWT. Karena membaca Al-Quran menjadi salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Allah SWT telah berjanji akan memberikan pahala 10 kali lipat untuk seluruh umat muslim di dunia ketika membaca Al-Quran. Hal tersebut akan diberikan untuk setiap huruf pada kitab suci Al-Quran.

Cara Menghindari Rasa Malas Menghafal Quran

Tidak sedikit orang merasa putus asa ketika sedang menghafalkan Al-Quran. Tentu ada berbagai macam penyebabnya, salah satunya yaitu karena kurangnya rasa optimis menghafal Quran.

Rasa malas juga sering menjadi salah satu penghambat ketika seseorang ingin menjadi hafidz. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa malas saat menghafalkan Al-Quran.

1. Perbaiki Posisi Duduk

Posisi duduk seringkali menjadi salah satu penyebab seseorang merasa kurang nyaman saat menghafalkan Al-Quran. Oleh karena itu posisi duduk memang harus diperhatikan dengan baik.

Pastikan jika Anda menemukan posisi duduk terbaik dan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Perlu diketahui bahwa posisi duduk dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak.

Contohnya saja ketika posisi duduk terlalu membungkuk hal tersebut nantinya bisa menjadi salah satu penyebab masalah tulang. Untuk itu Anda perlu memperhatikan posisi duduk sebaik mungkin.

Dengan posisi yang nyaman nantinya Anda bisa betah berlama-lama duduk di tempat tersebut dan aktivitas menghafal akan terasa jauh lebih menyenangkan.

2. Cari Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman tentu saja akan menjadi salah satu pendukung saat menghafalkan Al-Quran. Setiap orang mungkin saja memiliki seleranya masing-masing ketika sedang menghafal.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari ruangan atau tempat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Niatkan dengan tulus dalam hati untuk menghafal Al-Quran serta perkuat rasa optimis menghafal Quran sehingga tidak terasa berat.

Pada ruangan yang nyaman nantinya akan membantu pikiran lebih tenang dan tentunya Anda akan lebih mudah ketika sedang menghafal.

3. Bergabung dengan Komunitas Penghafal Al-Quran

Bergabung dengan komunitas juga bisa menjadi salah satu opsi yang dipilih. Karena dengan memiliki teman yang memiliki tujuan yang sama ini akan membantu Anda tetap konsisten terhadap tujuan utama yaitu menghafalkan Al-Quran.

Nantinya sesama anggota komunitas juga biasanya akan saling membantu satu sama lainnya supaya bisa cepat menghafalnya sehingga akan memberikan banyak manfaat. Pastikan untuk mencari komunitas yang tepat dan juga bisa memberikan banyak efek positif. Dengan begitu semuanya akan menjadi terasa lebih mudah.

4. Pahami Keutamaan Menjadi Seorang Penghafal Al-Quran

Ada banyak sekali keutamaan yang akan dimiliki oleh seorang penghafal Al-Quran. Sebagai seorang umat muslim bisa menjadi hafidz merupakan salah satu pencapaian luar biasa dan akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat.

Selain mendapatkan pahala berkali-kali lipat, masih ada banyak sekali keutamaan lainnya. Bisa dipastikan Jika waktu dan tenaga yang Anda keluarkan untuk menghafal Al-Quran tidak akan sia-sia.

Merasa jenuh atau putus asa seringkali menghinggapi ketika menghafalkan Al-Quran. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan rasa optimis menghafal Quran serta menghindari rasa malas jika memiliki cita-cita untuk menjadi seorang hafidz.

 

Referensi:

https://www.smadwiwarna.sch.id/keutamaan-penghafal-quran/

https://kumparan.com/cerita-santri/menghafal-al-quran-itu-mudah-1vWB545TaKT/full

https://etahfizh.org/rasa-malas-menghafal-al-quran-melAnda-ikuti-langkah-ini-haqers-2

 

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024