Artikel

Beberapa Doa yang Dianjurkan untuk Menghafal Quran

MAI

April 15, 2024

Kami akan membagikan beberapa doa seputar menghafal Quran yang tentunya akan sangat berguna untuk Anda ketika ingin menjadi seorang hafidz. Tidak bisa dipungkiri jika dalam menghafal Quran itu dibutuhkan daya ingat yang tinggi.Oleh karena itu, berdoa terlebih dahulu adalah salah satu cara terbaik supaya nantinya dalam menghafal bisa memiliki daya ingat lebih tinggi.

Beberapa Doa yang Dianjurkan untuk Menghafal Quran

Supaya nantinya bisa mendapatkan atau menghafalkan banyak ayat dalam waktu cepat.

Metode belajar atau metode menghafal menjadi salah satu kunci dalam hal ini. Anda harus bisa menerapkan metode menghafal Quran paling tepat dengan diri Anda supaya bisa menghafalkannya dengan mudah dan praktis.

Doa Seputar Menghafal Quran dengan Cepat dan Praktis

Rasulullah SAW pernah berkata kepada Ali bin Abu Tholib Ra, beliau bersabda “Aku akan mengajarkan sebuah doa yang membuat dirimu tidak akan melupakan ayat-ayat Alquran”

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِتَرْكِ مَعَاصِيْكَ أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِي. وَارْحَمْنِي مِنْ أَنْ أَتَكَلَّفَ مَا لَا يَعْنِيْنِي. وَارْزُقْنِي حُسْنَ النَّظْرِ فِيْمَا يُرْضِيْكَ عَنِّي. اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ لَا تَرَامُ أَسْتَلْكَ يَا اللَّهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُوْرِ وَجْهِكَ أَنْ تَلْزِمَ قَلْبِي حِفْظُ كِتَابَكَ كَمَا عَلَّمْتَنِي. وَارْزُقْنِي أَنْ أَتْلُوْهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيْكَ عَنِّي، اللَّهُمَّ نَوْرُ بِكِتَابِكَ بَصَرِي وَاشْرَحْ بِهِ صَدْرِي وَفَرَّحْ بِهِ قَلْبِي وَأَطْلِقْ بِهِ لِسَانِي. وَاسْتَعْمِلْ بِهِ بَدَنِي. وَقَوْنِي عَلَى ذَلِكَ. وَأَعِنِّي عَلَيْهِ إِنَّهُ لَا مُعِيْنُ عَلَيْهِ إِلَّا أَنْتَ. لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ.

Artinya: Ya Allah rahmati untuk (dapat) meninggalkan maksiat kepada-Mu selamanya, selagi Engkau masih memberi kesempatan kepadaku. Kasihani diriku dari hal yang tak sanggup aku pikul. Karuniailah aku iktikad baik dan ketertarikan kepada hal yang Engkau sukai. Teguhkan hatiku untuk menghafal kitab-Mu, sebagaimana Engkau ajarkan kepadaku. Karuniailah aku untuk (dapat) membacanya sesuai yang Engkau sukai. Ya Allah dengan kitab-Mu terangilah penglihatanku, lapangkanlah dadaku, bahagiakan diriku, bebaskan (belenggu) lidahku, terapkanlah kepada badanku, kokohkanlah dirik atasnya dan bantulah diriku untuk hal tersebut. Sesungguhnya, tiada penolong untuk hal tersebut, kecuali Engkau. Tiada Tuhan selain Engkau."

Doa Seputar Menghafal Quran Supaya Tidak Mudah Lupa

Setiap orang di dunia ini biasanya memiliki daya ingat tersendiri. Ada yang mudah lupa dan ada juga yang memiliki ingatan sangat baik. Hal tersebut tentunya bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal.

Dalam menghafalkan sesuatu daya ingat menjadi salah satu poin paling penting untuk dimiliki. Karena dengan daya ingat yang baik nantinya tidak akan mudah kehilangan hafalan hafalan sebelumnya.

رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْراً كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الكافرين

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Berilah kami maaf; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Diambil dari salah satu buku dengan judul Amalan Mujarab Pencerdas Otak:

اللهمّ اجْعَلْ نَفْسِي مُطْمَيِنَةً تُؤْمِنُ بِلِقَابِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطابِكَ وَتَرْضَى بِقَضَابِكَ

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah jiwaku tenang, mengimani perjumpaan dengan-Mu, merasa cukup dengan pemberian-Mu, dan ridha dengan ketentuan-mu."

Doa Seputar Menghafal Quran agar Dimudahkan Menyerap Ilmu

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلماً نافعاً، وَرِزْقاً طيباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima." (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu As-Sunni).

Ketika akan belajar tentu saja sangat penting untuk membaca doa seputar menghafal Quran supaya nantinya ilmunya bisa diserap dengan baik dan bisa bermanfaat bagi kehidupan. Sebagai umat muslim berdoa menjadi salah satu kewajiban agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Memohon perlindungan dan juga pertolongan kepada Allah SWT adalah salah satu cara terbaik ketika akan melakukan segala sesuatu. Karena Allah SWT pastinya menjadi salah satu kekuatan paling besar yang bisa menjaga Anda dalam berbagai macam situasi.

Pentingnya Berdoa Ketika Menghafal Quran

Doa seputar menghafal quran tentunya akan memberikan banyak sekali manfaat. Karena memang tugas untuk menghafal Alquran itu bukan merupakan tugas mudah.

Tidak semua orang bisa meluangkan waktu serta mampu konsisten dalam menghafal. Berikut beberapa alasan mengapa sangat penting berdoa saat akan menghafal Alquran.

1. Supaya Merasa Lebih Tenang

Salah satu manfaat dari berdoa yaitu merasa lebih tenang. Ketika ketenangan hati dan pikiran berhasil didapatkan tentunya ini akan sangat bermanfaat supaya nantinya hafalan semakin lancar dan mudah.

Bayangkan saja ketika Anda memulai hafalan dengan hati yang cemas tentu saja itu akan berpengaruh terhadap daya ingat. Doa seputar menghafal Quran bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Mendapatkan Kemudahan

Salah satu fungsi dari berdoa yaitu supaya kegiatan atau pekerjaan menjadi berjalan dengan lancar dan mudah. Oleh karena itu dengan mengamalkan doa seputar menghafal Quran ini akan memberikan kemudahan ketika menghafal.

Dengan begitu nantinya waktu untuk menghafal akan menjadi lebih cepat, dan Anda bisa menjadi seorang hafidz di usia muda.

3. Hafalannya Akan Lebih Terjaga

Salah satu bagian tersulit saat menghafal Alquran yaitu mengingat hafalan hafalan sebelumnya. Dengan cara berdoa terlebih dahulu nantinya akan sangat bermanfaat supaya hafalan hafalan sebelumnya tetap terjaga.

Hanya dengan niat yang tulus dan juga ketekunan seseorang bisa menjadi penghafal Quran. Doa seputar menghafal Quran akan membantu Anda supaya bisa melakukannya dengan lebih mudah.

 

 

Kw: Doa seputar menghafal Quran

Deskripsi: Kami akan membagikan beberapa doa seputar menghafal Quran yang tentunya akan sangat berguna untuk Anda ketika ingin menjadi seorang hafidz.

Referensi:

Https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-7020460/5-doa-agar-cepat-menghafal-bantu-kuatkan-ingatan

Https://ibtimes.id/aca-doa-ini-agar-dimudahkan-menghafal-al-quran/

Https://www.khazanahimani.com/ragam/pr-4186905227/3-doa-agar-mudah-menghafal-al-quran-dengan-lancar-dan-mutqin?Page=2

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024