Artikel

Kiat Sukses Menghafal Quran Sambil Bekerja

MAI

April 13, 2024

Kami akan membagikan kiat sukses menghafal Quran untuk Anda yang menjadi seorang karyawan. Perlu diketahui menjadi seorang karyawan tidak menjadi salah satu alasan tidak bisa menjadi seorang hafidz.Karena dengan cara yang tepat tentu saja segala sesuatunya bisa dilakukan apalagi jika disertai dengan niat yang kuat.

Kiat Sukses Menghafal Quran Sambil Bekerja

Karena salah satu poin penting ketika ingin menjadi seorang hafidz yaitu kemauan dan juga niat.

Walaupun memiliki banyak waktu luang tetapi tidak memiliki niat hal tersebut akan sangat sulit untuk terwujud. Sebagai seorang karyawan tentu saja harus bisa menyimpulkan waktu antara pekerja dan juga waktu untuk menghafal.

Beberapa Kiat Sukses Menghafal Quran Sambil Bekerja

Sebagai seorang laki-laki yang sudah berkeluarga mencari nafkah merupakan sebuah kewajiban. Beberapa orang menghabiskan banyak waktu untuk bekerja supaya bisa menafkahi keluarganya.

Akan tetapi, sebagai umat muslim salah satu pencapaian luar biasa yang bisa memberikan manfaat di dunia dan akhirat yaitu menjadi penghafal Al-Quran. Berikut beberapa kiat sukses menghafal Quran sambil bekerja bagi seluruh umat muslim.

1. Harus Pintar-Pintar Membagi Waktu

Salah satu masalah yang sudah pasti muncul yaitu mengenai pembagian waktu. Oleh karena itu dalam hal ini memang Anda harus benar-benar cerdas dan juga memanfaatkan waktu yang dimiliki semaksimal mungkin.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa menghafal walaupun memiliki kesibukan luar biasa. Contohnya saja yaitu dengan memanfaatkan waktu-waktu luang di tengah-tengah kesibukan.

Anda bisa memanfaatkan mengulang hafalan ketika pulang atau pergi bekerja. Usahakan juga untuk memanfaatkan waktu-waktu luang di rumah secara maksimal. Contohnya saja yaitu sebelum berangkat bekerja atau sehabis shalat subuh.

Selain itu kiat sukses menghafal Quran juga bisa memanfaatkan waktu sebelum tidur. Akan tetapi penting juga untuk memperhatikan waktu tidur supaya tetap tercukupi. Karena ketika fisik Anda kelelahan nantinya pekerjaan dan juga hafalan justru akan berantakan.

Oleh karena itu, pastikan kondisi tubuh tetap bugar walaupun memiliki banyak pekerjaan dan harus menghafalkan Al-Quran ketika sampai di rumah. Jadi memang harus pintar-pintar dalam mencuri waktu supaya semuanya tetap bisa berjalan dengan baik.

2. Ikhlas

Kiat sukses menghafal Quran bagi seorang karyawan berikutnya yaitu ikhlas. Karena ketika menjalani segala sesuatunya dengan ikhlas maka akan terasa jauh lebih mudah.

Bayangkan saja ketika Anda menghafal akan tetapi tidak didasarkan keikhlasan di dalam hati. Tentu saja hal tersebut bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan kesulitan untuk menghafal.

Niat yang tulus dan juga keikhlasan adalah salah satu kunci bagi orang-orang yang ingin menjadi hafidz. Karena ketika menghafal Al-Quran itu bukan hanya sekedar Membaca saja akan tetapi juga sama artinya dengan mendapatkan diri kepada Allah SWT.

3. Membangun Mindset yang Tepat

Membangun mindset yang tepat menjadi salah satu kiat sukses menghafal Quran yang penting untuk dipahami dengan baik. Karena ketika tidak memiliki mindset yang tepat ini bisa menjadi salah satu masalah besar.

Salah satu mindset yang perlu ditanamkan pada otak Anda yaitu menghafal Al-Quran itu bisa dilakukan oleh semua orang. Jadi bukan hanya untuk orang-orang yang memang bersekolah atau menempuh pendidikan di bidang agama saja.

Walaupun perusahaan sebagai seorang karyawan atau pekerja tentu saja Anda memiliki kesempatan juga untuk menjadi seorang penghafal Al-Quran. Mindset berikutnya yang perlu ditanamkan yaitu menghafal Quran itu tidak susah.

Karena ketika dari awal Anda sudah berpikir bahwa menghafal Al-Quran itu akan susah tentunya bisa menjadi masalah tersendiri. Tanamkan dalam pikiran bahwa semuanya akan terlewati dengan mudah. Karena akan ada pertolongan dari Allah SWT, akan tetapi tentunya harus tetap dibarengi dengan kerja keras dan juga konsistensi.

4. Tetapkan Target Hafalan

Kiat sukses menghafal Quran selanjutnya yaitu menetapkan target hafalan. Memiliki target tentu menjadi salah satu hal yang tidak buruk. Akan tetapi Anda tidak perlu terlalu berlebihan dalam menetapkan target.

Tidak usah berpatokan terhadap kemampuan atau pencapaian orang lain. Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kemampuan diri sendiri dalam menghafal sehingga lebih bijak dalam menentukan target.

Jaga memang hanya mampu menghafal sedikit-sedikit itu tidak ada masalah. Karena jika Anda terus konsisten tentu saja nantinya juga akan selesai.

Daripada Anda memaksakan diri untuk menghafal dalam jumlah banyak tetapi hasilnya justru kurang maksimal. Tentu akan lebih baik jika menghafalnya sedikit demi sedikit akan tetapi memudahkan Anda dan juga akan memperkuat hafalan dalam jangka waktu lama.

Pada intinya adalah, setiap orang memiliki kemampuannya dalam menghafal Al-Quran. Oleh karena itu tidak perlu membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain. Dengan begitu akan memberikan ketenangan hati dan juga mempermudah Anda dalam menghafal.

5. Cari Metode Menghafal Paling Tepat

Ada banyak cara atau kiat sukses menghafal Quran. Setiap metode tentunya memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Dalam hal ini Anda harus bisa menemukan metode paling tepat sesuai dengan kebutuhan.

Karena dengan menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda nantinya semuanya akan terasa menjadi lebih mudah. Ketika kemudahan sudah didapatkan nantinya aktivitas menghafal tidak terasa membosankan.

Apalagi Anda merupakan seorang karyawan yang tentunya Memiliki pekerjaan lain yang biasanya cukup melelahkan. Oleh karena itu harus mencari metode paling tepat supaya fisik tidak lahan dan juga pikiran dalam kondisi fresh.

Setiap umat muslim di dunia memiliki kemampuan untuk menghafalkan Al-Quran. Hal tersebut dipengaruhi oleh niat dan kemauan. Kiat sukses menghafal Quran dari kami, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

 

 

Referensi:

Https://www.mtt.or.id/kiat-kiat-menghafal-Al-Quran-bagi-karyawan/

Https://qomarullah.medium.com/kiat-kiat-menghafal-Al-Quran-bagi-karyawan-ef7f485acbc8

Https://rumaysho.com/2100-4-kiat-sukses-menghafal-al-quran.html

 

 

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024