Artikel

Strategi Menghafal Quran Bagi Orang yang Sibuk

MAI

April 12, 2024

Banyak orang penasaran apakah mungkin bisa menghafal Quran bagi orang sibuk, sedangkan waktu luangnya kerap dijadikan waktu untuk beristirahat.

Strategi Menghafal Quran Bagi Orang yang Sibuk

Tentu saja, hal tersebut bisa dilakukan namun tetap harus menggunakan strategi dalam prosesnya.

Sebagai seorang umat muslim, menghafalkan Al-Quran merupakan keharusan sebagai pribadi yang taqwa kepada Allah SWT. Sedangkan untuk menghafalnya secara penuh membutuhkan banyak waktu dan harus dilakukan secara terus menerus.

Bagi anak-anak mungkin proses menghafalkan Quran menjadi lebih cepat karena selain menempuh pendidikan formal, ada banyak waktu untuk melakukannya. Sedangkan, berbeda ketika proses penghafalan tersebut dilakukan oleh orang dewasa nantinya.

Kebanyakan orang dewasa hampir menghabiskan waktunya untuk melakukan rutinitas kerja, sehingga terkadang hal tersebut membuatnya kesulitan untuk menghafal Quran. Sedangkan, tetap ada niat ingin melakukannya.

Bagaimanakah Strategi Menghafal Quran Bagi Orang Sibuk?

Meskipun para orang dewasa hanya memiliki waktu tidak banyak bukan berarti menghafal Quran menjadi mustahil. Dengan menggunakan metode atau strategi terbaik, maka bukan tidak mungkin menghafal Quran bagi orang sibuk itu dilakukan.

Upaya yang dilakukan membutuhkan tingkat disiplin tinggi dan kemauan keras dalam prosesnya. Apabila hanya menganggap menghafal Quran sebagai selingan saja, maka jangan pernah berharap seseorang tersebut bisa menghafal setiap surah Al-Quran.

Pada dasarnya selalu ada waktu yang bisa digunakan dalam menghafal Al-Quran, bahkan di sela-sela rutinitasnya sehari-hari. Misalnya saja sebelum istirahat malam, sehabis shalat, dan masih banyak waktu lainnya bisa digunakan dalam proses ini.

Pasti sebagian dari pembaca penasaran tentang strategi seperti apa saja yang harus digunakan ketika ingin menghafal, meskipun kesehariannya selalu sibuk oleh pekerja. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa strategi melalui poin di bawah ini.

1. Memiliki Kemauan dan Niat yang Besar

Sebelum menghafal Quran bagi orang sibuk, memiliki kemauan besar serta niat adalah kunci paling penting. Tanpa adanya kemauan tersebut, jangankan proses menghafal, seringkali seseorang cenderung menunda kapan waktunya memulai.

Dari kemauan besar tersebut, berarti Anda sudah siap melakukan berbagai macam cara agar bisa menghafal sepenuhnya. Bahkan berani menggunakan waktu-waktu sempit yang sekiranya bisa digunakan untuk proses penghafalan Al-Quran tersebut.

2. Menemukan Metode yang Sesuai

Menemukan metode yang sesuai dengan diri adalah salah satu strategi terbaik menghafal Quran bagi orang sibuk. Tentu prosesnya tidak bisa disamakan ketika seseorang tersebut memiliki banyak waktu luang untuk proses penghafalannya.

Ada berbagai macam metode bisa dilakukan untuk menghafal Al-Quran, sehingga Anda hanya perlu memilih metode mana yang sekiranya paling. Dengan cara seperti itu, barulah Anda bisa melakukan prosesnya menjadi lebih nyaman.

Sedangkan salah satu metode yang cukup baik dilakukan yaitu seperti bergumam perihal lantunan hafalan surah. Dengan melakukan cara ini, maka secara tidak langsung, Anda bisa menggunakan waktu kapan dan di mana saja selama dalam keadaan suci.

3. Memilih Waktu yang Tepat

Sebagai seorang yang sibuk memang kerap menggunakan waktunya untuk melakukan pekerjaan, namun bukan berarti tidak memiliki waktu dalam menghafal Quran. Oleh sebab itu, menghafal Quran bagi orang sibuk perlu memilih waktu secara tepat.

Waktu yang bisa digunakan sebenarnya cukup banyak seperti setelah shalat, waktu istirahat, dan waktu-waktu luang lainnya. Setidaknya bisa menghafalkan beberapa ayat saja, tidak usah terlalu banyak, namun dilakukan secara terus menerus.

Pastikan juga proses menghafal ketika diri sedang rileks bukan dalam keadaan stres setelah melakukan pekerjaan berat. Kondisi semacam itu justru akan mempersulit Anda dalam berkonsentrasi saat hafalan itu dilakukan.

4. Jadikan Kebiasaan

Salah satu cara paling baik dalam menghafal Quran bagi orang sibuk yaitu menjadikannya kebiasaan. Kebiasaan tersebut akan membuat seseorang bisa lebih cepat dan menangkap ayat-ayat karena sudah terlalu sering melakukannya.

Dengan menjadikannya kebiasaan juga akan membuat seseorang tidak merasa terbebani karena secara otomatis saat waktunya tiba, hafalan langsung dilakukan. Tentu saja cara seperti ini sangatlah cocok bagi Anda yang merupakan orang sibuk.

5. Minta Bantuan Orang Lain

Meminta bantuan kepada orang lain bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghafal Quran bagi orang yang sibuk. Oleh sebab itu, Anda jangan pernah takut untuk meminta bantuan kepada orang berpengalaman karena proses ini akan lebih efektif.

Dengan panduan yang diberikan oleh orang berpengalaman atau seorang guru maupun teman dekat akan membuat proses bisa lebih lancar. Setidaknya para pemandu bisa mengajarkan metode-metode yang pernah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, cara ini mampu memberikan inspirasi lebih karena hafalan dilakukan bersama-sama orang lain. Sedangkan proses yang dilakukan sendiri harus memiliki kemauan kuat dan kemauan kuat tersebut belum tentu dimiliki semua orang.

6. Memanfaatkan Aplikasi Penghafal Al-Quran

Di zaman sekarang ini, segala sesuatunya menjadi sangat canggih semenjak munculnya teknologi digital. Dengan aplikasi-aplikasi yang muncul tersebut, para penghafal Quran menjadi lebih mudah dalam usahanya.

Aplikasi tersebut sangat berguna untuk menghafal Quran bagi orang sibuk karena bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Bahkan proses yang berlangsung hanya perlu mengandalkan ponsel saja sebagai perangkat utama.

7. Berikan Hadiah untuk Pencapaian Diri Sendiri

Dalam menghafal Al-Quran pastinya membutuhkan target, sedangkan target tersebut setidak perlu dibersamai dengan hadiah untuk diri sendiri. Dengan begitu, Anda bisa lebih semangat dalam proses menghafal Quran tersebut.

Strategi menghafal Al-Quran bagi orang sibuk ini terbilang sangat efektif karena Anda bisa menahan sampai target tercapai hingga mendapatkan hadiah yang diinginkan. Pada dasarnya pencapaian seperti ini hanya untuk dirinya sendiri, tidak melibatkan orang lain.

Dengan menghafal Al-Quran, maka ada banyak manfaat bisa diperoleh di dalam hidup mencangkup dunia maupun akhirat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bisa mencoba strategi menghafal Quran bagi orang sibuk tersebut.

 

 

Link              : https://www.hafalquransebulan.com/tips-dan-trik-efektif-membantu-hafalan-al-quran-bagi-orang-sibuk/#Temukan_Metode_yang_Sesuai_dengan_Anda

                     : https://laznasphr.id/orang-sibuk-bisa-menghafal-al-quran/

                     : https://www.dream.co.id/stories/14-tips-dan-cara-menghafal-alquran-untuk-orang-sibuk--191004t.html

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024