‍Memahami Keutamaan Al-Quran: Pandangan Islam Tentang Kitab Suci

M.A.I

February 22, 2024

Sebagai umat muslim Anda perlu memperhatikan pandangan Islam tentang kitab suci. Pastinya hal ini menjadi salah satu informasi penting, yang harus Anda perhatikan. Dari sini juga menjadi cara terbaik dalam meningkatkan ketaqwaan Anda sebagai umat muslim.

‍Memahami Keutamaan Al-Quran: Pandangan Islam Tentang Kitab Suci

Tentunya sebagai umat muslim Anda sudah mengetahui berbagai kitab yang ada di dunia. Sebab Al-Quran mengajarkan untuk meyakini bahwa semua kitab tersebut ada. Namun hal ini juga menjadi bekal agar keimanan Anda sebagai umat muslim semakin terjamin.

Pandangan Islam Tentang Kitab Suci dan Keutamaan Al-Qur’an Secara Lengkap

Al-Quran adalah kitab suci yang dimiliki oleh umat muslim. Hal ini menjadi sumber keyakinan, yang berisi berbagai firman Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW. Sebagai umat nabi semua muslim wajib mengimani dan meyakininya dari dalam hati.

Setiap umat pastinya pandai membaca serta memahami isi kandungan Al-Quran tersebut. Namun penting pastikan untuk memahami keutamaannya dari segi pandangan Islam tentang kitab suci. Berikut adalah informasinya secara lengkap, yaitu:

1.      Memiliki Beragam Nama Lain

Salah satu keutamaan dari Al-Quran juga dapat Anda lihat dari berbagai nama yang dimilikinya. Sebagai sebuah pedoman hidup sejauh ini ada beberapa penyebutan berbeda dalam Al-Quran, yang perlu Anda perhatikan.

Merujuk pada isi Al-Qur’an ada beberapa nama lain, yang dapat semua orang perhatikan, seperti Al-Furqan, Al-Kitab, Al-Mau’idhah dan banyak lagi lainnya. Hal tersebut menunjukkan ada banyaknya keutamaan yang bisa Anda ketahui dari arti nama-nama tersebut.

2.      Petunjuk

Al-Quran merupakan Al-Huda (petunjuk) bagi semua orang yang mengimaninya. Tentu saja hal tersebut menjadikannya sebagai panduan setiap orang bertakwa dalam menjalani kehidupan secara baik.

Di dalam sini terdapat banyak sekali suri tauladan serta panduan bagaimana menjalani hidup penuh makna. Bagi siapa saja yang menjalankan kehidupan sesuai Al-Quran, maka dirinya bisa mendapatkan rahmat.

Pandangan Islam tentang kitab suci merupakan sebuah pedoman hidup. Hal ini menunjukkan krusialnya posisi Al-Quran bagi setiap umat. Bahkan nantinya ada banyak sekali petunjuk hidup, yang berperan penting dalam kehidupan.

Sebagai sebuah pedoman dan petunjuk pastinya ada banyak sekali pesan di dalamnya. Ketika menjalankannya Anda dapat memiliki bekal cukup baik dari segi spiritual, etis serta moral.

3.      Mukjizat

Pandangan Islam tentang kitab suci adalah salah satu mukjizat nabi Muhammad SAW, yang berasal dari Allah SWT. Bahkan sebagai sebuah petunjuk hidup tentu saja hal ini menjadi salah satu mukjizat paling besar yang menjadi milik nabi Muhammad SAW serta seluruh umat muslim.

Sebagai seorang utusan tentu saja nabi Muhammad SAW memiliki misi secara khusus. Salah satunya adalah melalui petunjuk hidup ini membawa manusia menuju jalan terang, yaitu Islam.

Sebagai sebuah panduan hidup nantinya semua umat muslim dalam menggunakannya sebagai sumber hukum. Sehingga dalam menjalankan berbagai aktivitas umat muslim akan selalu berorientasi kepada Al-Quran.

Selanjutnya Al-Quran juga memiliki posisi Istimewa dalam jajaran kitab Allah SWT. Keberadaan Al-Quran adalah sebagai penyempurna dari para pendahulunya, yang wajib dijadikan sebagai panduan hidup bagi orang beriman.

4.      Penjelasan Kepribadian Manusia

Pandangan Islam tentang kitab suci juga menjadi salah satu media, yang mampu menggambarkan kepribadian manusia. Daripada makhluk lain ciptaan Allah SWT, maka posisi manusia jauh lebih tinggi. Manusia mempunyai akal pikir yang berperan penting bagi hidup.

Selain itu manusia mempunyai kemampuan dalam membedakan baik dan buruk. Hal ini menjadi salah satu pembeda dari manusia dengan makhluk Allah SWT lainnya. Tentunya poin tersebut juga menjelaskan bagaimana posisi manusia di mata Islam.

5.      Memantapkan Iman

Perlu Anda ketahui bahwa sebagai umat muslim pasti meyakini dengan sepenuh hati isi kandungan Al-Quran. Hal tersebut adalah panggilan hati Nurani tanpa adanya paksaan apapun.

Ketika mempelajari Al-Quran secara mendalam maka umat dapat menemukan berbagai informasi tentang banyak hal. Kitab ini nantinya dapat menjadi sumber memantapkan iman seseorang. Sehingga pandangan Islam tentang kitab suci sangatlah luas.

Saat mempelajari isi kandungannya tentu sejalan dengan mengamalkannya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara dalam memantapkan iman dari seorang muslim. Hal tersebut juga membuat muslim semakin yakin bahwa Islam adalah kebenaran.

6.      Sumber Ilmu

Selain itu di dalam Al-Quran semua orang dapat menemukan banyak sekali informasi serta ilmu pengetahuan di dalamnya. Bukan hanya bagi kalangan muslim saja, bahkan sudah banyak ilmuwan non muslim menggunakan ayat-ayat ini sebagai rujukan.

Pandangan Islam tentang kitab suci tidak hanya menjadi sumber hukum pada berbagai aktivitas manusia saja. Namun di dalamnya berisi semua informasi secara lengkap, yang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia di dunia.

Selain perintah Anda juga dapat menemukan kandungan ilmu pengetahuan secara luas. Di dalamnya terdapat informasi berupa alam semesta berisi isinya, yang menjadi sumber pengetahuan manusia. Anda juga dapat mengambil hikmah mendalam dari mempelajarinya.

Sebagai seorang umat muslim Anda memiliki kewajiban, untuk mempelajari semua isi kandungannya secara baik. Bahkan mempelajarinya secara mendalam akan membantu dalam mengembangkan wawasan serta ilmu pengetahuan setiap orang.

7.      Pemberi Hidayah

Semua isi surat di dalam kitab tersebut memiliki penyampaian indah dan mendalam. Sehingga tidak heran jika banyak orang memutuskan masuk Islam begitu mendengar lantunan ayat sucinya.

Berkaitan pada hal ini kitabnya dapat menjadi sebuah petunjuk hidup bagi semua umat di dunia. Sehingga bukan hanya umat muslim saja, yang bisa merasakan hidayah dari semua ayat-ayatnya.

Semua ayat di dalam kitab ini memiliki anjuran bagi semua orang, untuk berpikir dan merenung. Nantinya melalui kitab tersebut Anda dapat menemukan hakikat kebenaran sebenarnya. Keutamaannya sebagai pemberi hidayah juga sama dengan hadist Abu Umamah al-Bahlil, yaitu:

نْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اقْرَءُوا الْقُرْآنَ؛ فَإِنَّهُ يَأْتِي شَفِيعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ لِصَاحِبِهِ

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Bacalah. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya,” (HR. Ahmad

Pastinya ada banyak sekali keutamaan kitab ini sebagai sumber berbagai kebutuhan umat muslim di dunia. Hal ini membuatnya sebagai pelengkap pandangan Islam tentang kitab suci Al-Quran.

 

Sumber          :

https://www.liputan6.com/hot/read/4516162/al-quran-adalah-kitab-suci-umat-Islam-kenali-fungsi-dan-keutamaan-membacanya

https://www.merdeka.com/sumut/alquran-adalah-kitab-suci-dalam-agama-Islam-ini-keutamaannya-kln.html

https://hiqmauinjakarta.com/sikap-Islam-terhadap-ahlul-kitab/

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024