Memahami Konsep Iman dan Islam Melalui Tafsir Al-Quran

M.A.I

February 15, 2024

Konsep iman dan Islam dalam Al-Quran bisa dipahami melalui beberapa tafsiran. Kitab suci Al-Quran memiliki banyak tafsiran, sehingga beberapa pesan terkandung di dalamnya. Mulai dari konteks dasar iman dan Islam yang menjadi tolak ukur untuk seluruh umat-Nya.

Konsep iman dan Islam dalam Al-Quran bisa dipahami melalui beberapa tafsiran

Iman secara luas dikenal sebagai keyakinan yang meresap dalam hati dan pikiran umat Islam. Keyakinan tanpa keraguan, sehingga berpengaruh dalam pandangan hidup, perilaku dan juga tindakan sehari-hari, semua pengamalannya disebut sebagai iman kepada yang kuasa.

Di sisi lain, Islam merujuk ke sebuah agama yang diungkapkan di dalam Al-Quran. Agama Islam yang tidak bisa dipisahkan dari seluruh ajaran dan syariat Nabi Muhammad SAW. Dari konsep iman dan Islam dalam Al-Quran, kita bisa menilai rasa keimanan kita terhadap Islam.

Apakah kita semua sudah mengikuti ajaran-ajaran Al-Quran dengan baik? Apakah kita sudah menjadi manusia yang dicintai Allah SWT karena mengikuti pedoman dari Al-Quran? Semua itu belum bisa dijawab selama rasa keyakinan dan keimanan Anda masih kurang baik.

Menelaah Konsep Iman dan Islam dalam Al-Quran

Pastinya ada banyak tafsir yang menyebutkan jika iman dan Islam ialah dua hal yang berbeda. Islam lebih didahulukan, lalu Iman untuk mendukung keyakinan umat-Nya kepada Islam. Jika Islam tidak didahulukan, maka Iman dan rasa keyakinan Anda masih kurang kuat.

1.      Dalam surat Al-Baqarah ayat 135, Allah SWT berfirman

Katakanlah : “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami.”

Melalui ayat tersebut, kita tahu bahwa beriman kepada Allah SWT beserta ajarannya adalah mutlak. Semuanya dilakukan untuk menjadi umat Islam yang tetap lurus dan mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Konsep iman dan Islam dalam Al-Quran juga bisa dilihat dari ayat lainnya.

2.      Dalam surat Al-Ikhlas ayat 1-2, Allah SWT berfirman

Katakan (Muhammad), “Dialah Allah yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu.”

Allah SWT adalah Tuhan kita yang Maha Esa lagi Maha Penyayang. Percaya kepada Allah SWT dan semua ajarannya, merupakan salah satu bentuk keimanan yang tinggi. Dengan keimanan yang tinggi, Anda bisa menjadi manusia yang sempurna sesuai kaidah-kaidah Islam.

Itulah mengapa, Islam lebih didahulukan agar keimanan manusia bisa semakin diperkuat. Di tafsirkan bahwa Islam sebagai tindakan dan Iman sebagai keyakinan. Semua umat manusia di dunia ini dapat dinilai tingkat keimanannya terhadap ajaran-ajaran agama Islam.

Menafsirkan Konsep Iman dan Islam dalam Al-Quran

Iman adalah keyakinan, sedangkan Islam merupakan Agama yang menjadi identitas umat-Nya Allah SWT. Islam membuktikan bahwa Anda sudah menyerahkan diri sepenuhnya pada Allah SWT. Dengan dua kalimat syahadat dan amal ajaran Islam, Anda sudah jadi salah satunya.

Konsep Iman dan Islam dalam Al-Quran dijabarkan menjadi beberapa bentuk bagian. Mulai dari Iman kepada Allah SWT, Iman kepada para Malaikat Allah, Iman kepada Kitab Allah, Iman pada Rasul Allah, Iman kepada hari Akhir serta Iman pada Qada dan Qadar.

Pastinya dari setiap rukun Iman tersebut, Anda sudah tahu keyakinan yang harus dimiliki. Ya, Iman kepada Allah SWT menjadikan kita yakin atas keberadaan dan kuasanya. Anda percaya atas nama-nama Allah SWT yang sempurna dan menunjukkan kebesarannya.

Lalu ada juga Iman pada para Malaikat yang berarti mengimani amalan serta tugas-tugasnya. Dari semua Malaikat, ada 10 nama yang wajib diimani oleh seluruh umat Muslim. Jika konsep Iman dan Islam dalam Al-Quran adalah kepercayaan, maka keimanan itu penting.

Lanjut lagi ada keimanan kepada kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah SWT. Beberapa kitab yang bisa diketahui dari tafsiran Al-Quran adalah Taurat, Injil, Zabur dan kitab suci Al-Quran. Semuanya pernah diturunkan, namun Al-Quran adalah kitab suci Allah paling sempurna.

Iman kepada Rasul, meyakini dan percaya sepenuh hati bahwa mereka itu ada. Sebagai umat Islam, kita harus mempercayai rasul sebagai pembawa kebenaran di muka bumi ini. Para rasul diciptakan dan diutus oleh Allah SWT untuk menerima wahyu melalui perantara Malaikat.

Rukun iman kelima, yakin dan percaya pada Hari Akhir Kiamat pasti akan datang. Di hari akhir manusia akan diminta pertanggung jawabannya setelah alam semesta hancur. Konsep iman dan Islam dalam Al-Quran juga meyakini bahwa kiamat itu benar-benar ada.

Terakhir, Iman kepada Qada dan Qadar yang bermakna bahwa takdir baik atau buruk datang dari Allah SWT. Dengan raya percaya dan keimanan yang tinggi, semua itu harus Anda yakini. Yakin bahwa Islam adalah benar dan Allah SWT merupakan Tuhan kita satu-satunya.

Pemahaman Konsep Iman dan Islam dalam Al-Quran

Iman dan Islam merupakan dua konsep sentral yang ada di dalam agama Islam. Dari tafsir Al-Quran, kita dapat memahami makna dari kedua konsep ini dengan baik. Iman di dalam Islam adalah keyakinan yang diungkapkan melalui bukti lisan dan diperkuat amal perbuatan.

Sedangkan Islam adalah agama yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia di dunia ini. Islam mencakup aspek material dan spiritual, memberikan kita bimbingan agar jadi manusia baik. Konsep Iman dan Islam dalam Al-Quran memiliki penafsirannya masing-masing.

Tafsir Al-Quran membantu kita memahami konsep iman dan Islam secara lebih mendalam. Di sisi lain, Tafsiran adalah Ilmu pengetahuan yang membantu dalam menjelaskan isi Al-Quran. Melalui sebuah tafsiran, kita dapat memahami ayat-ayat Al-Quran dengan lebih baik.

Namun tetap saja, tafsir itu perlu menggunakan sumber terpercaya dan mengacu pada para Ulama. Jika konsep Iman dan Islam dalam Al-Quran dapat dipahami secara lebih baik, maka kita harus memahami setiap maknanya agar dapat mengimankannya di kehidupan.

 

 

Ref :

Pengertian Iman Secara Bahasa dan Istilah Serta Tingkatannya - Gramedia Literasi

Pengertian Iman dalam Islam Berdasarkan Al-Quran | kumparan.com

Membaca Konsep Iman dan Islam ala Muhammad Syahrur - Tanwir.ID

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024