Menelusuri Kisah-kisah Nabi dalam Al-Quran: Inspirasi untuk Kehidupan Sehari-hari

M.A.I

February 28, 2024

Ada ratusan surat yang ada di Al-Quran, beberapa di antaranya terkandung kisah Nabi dalam Al-Quran yang harus diteladani oleh umat muslim bahkan beberapa diantaranya dijadikan sebagai nama surat.

Kisah-kisah Nabi dalam Al-Quran sebagai Inspirasi untuk Kehidupan Sehari-hari

Nabi serta Rasul merupakan utusan Allah memiliki tugas untuk menyampaikan wahyu dan ajaran tauhid kepada umat manusia yang tinggal di bumi. Kisah-kisahnya biasanya sudah tertulis di pada Quran.

Alasan Harus Meneladani Kisah Nabi dalam Al-Quran

Meneladani orang-orang yang terpilih sebagai utusan Allah merupakan salah satu cara untuk menghormatinya serta menghargai keagungan serta kekuasaan Allah SWT. Meneladani Nabi dan Rasul juga merupakan salah satu perintah Allah harus ditaati oleh semua umat muslim.

Meneladani Kisah nabi dalam Al-Quran memiliki banyak manfaat dari mulai dapat menjadi motivasi, nasihat, peringatan, menjadi contoh bagaimana berperilaku hingga Anda bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian yang telah terjadi di masa lampau.

Anda juga dapat mengetahui bagaimana keagungan dan kekuasaan Allah SWT dari setiap mukjizat diberikan-Nya kepada Nabi serta Rasul. Selain itu meneladani kisah-kisahnya juga dapat menumbuhkan rasa hormat dan menghargai setiap jasa yang dilakukan oleh mereka dalam menyebarkan agama islam kepada seluruh umat manusia di bumi.

Atas jasa serta pengorbanannya saat menyampaikan wahyu-wahyu Allah, secara tidak langsung mereka telah menyelamatkan umat manusia dari kegelapan. Kisah para nabi dan Rasul pada Al-Quran juga membuat Anda tahu bagaimana contoh bisa diikuti selama hidup di dunia termasuk cara menghargai serta menghormati Tuhan Sang Pencipta alam semesta.

Nabi dan Rasul merupakan orang-orang yang sangat mengetahui bagaimana cara menghormati serta menjalankan perintah-Nya dengan taat dan ikhlas.

Kisah Kisah Nabi Dalam Al-Quran Dan Diabadikan Menjadi Nama Surat

Semua kisah para Nabi dan Rasul tertulis pada kitab Quran dengan sangat jelas. Beberapa diantaranya bahkan menjadi nama surat pada kitab suci. Berikut ini beberapa kisah para nabi serta Rasul Allah yang ada di dalam Quran.

1.      Nabi Adam AS

Kisah Adam AS sebagai manusia pertama diciptakan oleh Allah sangat kental dengan kisah tentang kemanusiaan. Anda pasti pernah mendengar ungkapan manusia tidak sempurna dan sering melakukan kesalahan, tidak terkecuali para Nabi serta juga Rasul.

Kisah Adam AS tertuang pada beberapa ayat, dari mulai penciptaan manusia pertama, hingga menyampaikan tujuan hidup dan nilai-nilai penting lainnya.

Hal yang paling utama dalam kisah nabi dalam Al-Quran adalah manusia sangat rentan terhadap kesalahan. Pada Surat Thaha ayat ke-117, ketika setan memanfaatkan kelemahan umat manusia dan mulai menggoda Adam serta Hawa agar melakukan larangan Allah.

Allah murka dan memberikan ujian pada Adam AS dan Hawa dengan menurunkan mereka berdua ke bumi. Melalui ujian tersebut keduanya memahami kesalahan mereka perbuatannya serta menyesali, lalu kemudian bertaubat dengan ikhlas. Kisah pertaubatan dari Adam dan Hawa tertulis dalam Surat Al-A’raf ayat ke-23.

2.      Nabi Nuh AS

Selanjutnya adalah kisah nabi dalam Al-Quran hadir dari Nuh AS. Pada kisah Nuh AS Anda akan mempelajari bagaimana kesabaran, ketekunan, dan kegigihannya saat menyebarkan ajaran tauhid.

Kaum Nabi Nuh AS adalah penyembah berhala, diceritakan dalam surat Al-Araaf pada ayat ke-59. Tidak terima dengan ajaran Nuh AS, semuanya mencemooh dan mengatakan Nuh AS membawa ajaran yang sesat.

Namun, Nuh AS tidak gentar serta tetap berusaha untuk mengajak kaumnya bertaubat dan beralih menyembah Allah SWT. Selama 950 tahun, ia tidak menyerah untuk menyebarkan ajaran tauhid kepada kaumnya. Kesabaran ini menjadi inspirasi bagi umat islam untuk tetap teguh dalam menyampaikan kebenaran meskipun tantangan dihadapi sangat besar.

3.      Nabi Ibrahim AS

Ibrahim AS menggambarkan tentang keberanian serta ketaatan yang sangat luar biasa terhadap Allah. Salah satu kisah nabi dalam Al-Quran paling terkenal adalah mukjizatnya setelah dibakar oleh para penyembah berhala hidup-hidup.

Kisah tentang Ibrahim AS masuk ke dalam api diabadikan pada surat Al-Anbiya ayat ke-69. Allah SWT berfirman, “Wahai api, jadilah dingin dan berikan keselamatan bagi Ibrahim.

Pada hadist riwayat Bukhri, sebelum masuk ke dalam api, Ibrahim AS juga melontarkan doa yang berbunyi “Hasbunallahu wa nikmal wakil” memiliki arti “cukuplah Allah bagi kami, karena Allah adalah sebaik-baiknya penolong”.

4.      Nabi Musa AS

Musa AS terkenal dengan sikapnya sebagai pejuang yang berkeadilan, dalam kisah nabi dalam Al-Quran mencerminkan sikap pemimpin adil dan tegas untuk membimbing bani israel keluar dari perbudakan di Negeri Mesir.

Kisahnya ini melibatkan beberapa peristiwa salah satunya terpisahnya latu merah dan turunnya kitab suci Taurat sebagai kitab suci pertama. Musa AS juga memiliki interaksi yang sangat banyak dengan pemimpin zalim Mesir pada saat itu yaitu Firaun.

5.      Nabi Isa AS

Isa AS merupakan salah satu utusan Allah lahir tanpa Ayah serta diciptakan langsung oleh Allah SWT tanpa ayah. Isa AS disiapkan secara langsung oleh Allah dengan keistimewaan-keistimewaan yang agung.

Dalam kisahnya Isa AS hidup dengan taat dan teladan hingga inspirasi tentang kekuatan cinta dan pengampunan. Salah satu kisah Isa AS dalam Quran cukup terkenal adalah kemampuannya untuk menghidupkan orang yang sudah mati atas izin Allah.

Isa AS diberikan kemampuan untuk bisa menyembuhkan orang buta sejak lahir, orang menderita kusta dengan menyentuhnya, serta masih banyak lagi.

Saat berusia 33 tahun 3 bulan 3 hari, Isa AS diangkat dari bumi menuju langit (surga). Ini dilakukan untuk menghindari penguasa lalim yang berusaha menyalibnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan Isa AS dari kekejaman sudah dilakukan oleh kaum Bani Israil.

Peristiwa tersebut terjadi pada 10 Muharram, Allah lalu menukarkan Isa AS dengan Yudas Iskariot, kisah ini tertuang dalam QS. Ali Imran Ayat ke-55.

Dengan meneladani kisah-kisah ini, diharapkan umat muslim dapat meningkatkan keimanannya, menghormati jasa dari para utusan Allah serta menghargai Allah SWT sebagai Sang Pencipta Bumi, Langit dan Alam Semesta. Masih banyak kisah nabi dalam Al-Quran yang tersimpan abadi untuk diteladani oleh semua umat muslim beriman.

 

 

Link materi :

https://www.liputan6.com/hot/read/5454103/kisah-adam-hawa-dalam-al-quran-simak-ceritanya?page=6

https://igun.uk/mengapa-kita-harus-meneladani-rasul-rasul-allah/#Penjelasan_Lengkap_Mengapa_Kita_Harus_Meneladani_Rasul_Rasul_Allah

https://www.detik.com/hikmah/kisah/d-6653283/6-nabi-yang-diabadikan-sebagai-nama-surat-al-quran-siapa-saja

 

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5530812/kisah-nabi-nuh-as-sabar-dalam-berdakwah-hingga-selamat-dari-banjir-besar

https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6614469/doa-yang-dibaca-nabi-ibrahim-ketika-dibakar-hidup-hidup#:~:text=Karena%2C%20tidak%20ada%20lagi%20yang,surat%20Al%20Anbiya%20ayat%2069.

https://www.genmuslim.id/khazanah/632956083/menggali-hikmah-dari-kisah-nabi-musa-as-pembelajaran-untuk-hidup-bagi-seorang-muslim

https://www.liputan6.com/hot/read/5472693/mukjizat-nabi-isa-adalah-bicara-saat-masih-bayi-hingga-menghidupkan-orang-mati?page=2

https://cendekiamuslim.or.id/menyusuri-kisah-para-nabi-inspirasi-dari-al-quran

https://jabar.nu.or.id/hikmah/nabi-isa-dan-kisahnya-dalam-al-qur-an-QaGHX

https://www.detik.com/hikmah/kisah/d-6653283/6-nabi-yang-diabadikan-sebagai-nama-surat-al-quran-siapa-saja

 

 

 

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024