Mengapa Al-Quran Dianggap Sebagai Sumber Penyembuhan dan Ketenangan Batin?

M.A.I

February 28, 2024

Kitab suci Al-Quran sebagai penyembuh batin karena dapat menjadi sumber ketenangan Anda sebagai umat Muslim. Salah satu dari nama Al-Quran adalah Asy-Syifa yang memiliki arti sebagai obat penyembuh.

Salah satu dari nama Al-Quran adalah Asy-Syifa yang memiliki arti sebagai obat penyembuh.

Kitab suci dipakai untuk menyembuhkan segala penyakit hati sehingga manusia bisa mencapai ketenangan batin, tidak mudah stress dan gelisah. Melalui kitab suci ini Allah berusaha berkomunikasi dengan para hambanya, memberikan nasihat, motivasi, peringat, janji hingga ancaman.

Alasan Al-Quran Sebagai Penyembuh Batin dan Sumber Ketenangan

Merasakan ketenangan pada batin merupakan salah satu banyak diimpikan oleh banyak orang. Apalagi pada kehidupan yang saat ini penuh dengan beragam tekanan serta ujian, tidak jarang Anda akan merasakan stres hingga depresi.

Agar bisa mendapatkan ketenangan dalam batin, sebenarnya ada metode bisa dilakukan khususnya bagi umat muslim yaitu melalui bacaan-bacaan pada kitab suci. Al-Quran sebagai penyembuh batin terkandung petunjuk kehidupan bermanfaat untuk umat manusia yang ada di bumi ini.

Al-Quran merupakan pedoman agama islam berguna untuk memberikan ketenangan dan penyembuhan bagi seseorang dapat membacanya dengan hati yang khusu’. Apalagi kandungan di dalamnya memiliki pesan-pesan yang menenangkan batin.

Selain itu, pada beberapa ayat juga terkandung makna tentang panduan hidup secara menyeluruh dari mulai ajaran moral hingga petunjuk-petunjuk praktis untuk membantu Anda pada menghadapi tantangan hidup.

Al-Quran sebagai penyembuh batin juga mengandung ajaran-ajaran nilai positif untuk membantu seorang individu mengatasi rasa stres sekaligus kecemasan ada pada dalam dirinya sendiri.

Bacaan Al-Quran mengandung pesan yang membangun, tidak hanya nilai positif tetapi juga berisi tentang kesabaran, pengampunan, inspirasi dari kisah-kisah nabi, hingga cara untuk bersyukur terhadap nikmat telah diberikan.

Tidak hanya itu, dengan membacanya Anda dapat merenungi dan memahami tujuan sebenarnya hidup di dunia. Hal ini terjadi setelah adanya refleksi spiritual saat selesai membaca Al-Quran.

Setelah menemukan tujuan hidup sebenarnya, segala rasa khawatir, gelisah serta pikiran buruk yang membuat batin tidak tenang perlahan akan menghilang. Untuk bisa mencapai ketenangan batin, Anda harus membaca dan mempraktikan amalan-amalannya secara konsisten dan khusu’.

Ayat-Ayat dalam Al-Quran yang Memberi Ketenangan Batin

Dalam Quran Anda akan menemukan sejumlah petunjuk akan membantu Anda saat hidup di dunia. Biasanya setiap ayat dan surat akan memiliki makna yang berbeda-beda. Dari ribuan ayat ada di pada kitab suci, berikut ini ayat-ayat dalam Al-Quran sebagai penyembuh batin.

1.      Al-Fatihah

Al-Fatihah sebagai surat pembuka dalam Al-Quran memiliki banyak keutamaan salah satunya menjadi penenang hati. Membaca surah ini akan membuat hati yang sebelum merasa gundah dan gelisah menjadi lebih tenang.

Hal ini pernah disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW, beliau bersabda dalam hadist riwayat Bukhari serta Muslim “Demi Zat Yang Jiwaku dan di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah memiliki kedudukan yang sama dengan surah Al-Fatihah pada Kitab Taurat, Injil dan Zabur, bahkan di dalam Al-Quran”

Al-Fatihah merupakan salah satu surah yang dibaca pada rakaat shalat, sehingga dalam sehari Anda akan membacanya sebanyak 17 kali. Ketika Anda sedang merasa gundah, surah dalam Al-Quran sebagai penyembuh batin ini bisa dibaca sebanyak 7 kali secara perlahan-lahan serta sungguh-sungguh.

2.      Al-Baqarah

Ada beberapa ayat dalam surah Al-Baqarah dapat mengobati batin Anda yang sedang merasa tidak tenang. Berikut ini daftar ayat pada QS. Al-Baqarah memiliki fungsi sebagai obat ketenangan batin umat manusia.

·       QS. Al-Baqarah Ayat ke-255

Banyak sekali orang yang menyebut ayat ke-255 adalah ayat kursi. Ayat kursi memiliki banyak sekali keutamaan terutama bisa dijadikan sebagai obat penyembuh batin dan doa.

Seorang individu membacanya, maka Allah SWT akan memeliharanya serta melindunginya dari ancaman kejahatan, segala keburukan hingga semua jenis penyakit termasuk penyakit mental.

Untuk mendapatkan keutamaan yang lebih besar, Anda bisa membacanya pada saat pagi atau setelah sholat shubuh dan sore hari atau setelah sholat ashar sebagai zikir pagi dan petang.

·       QS. Al-Baqarah dua ayat terakhir

Selanjutnya adalah Al-Quran sebagai penyembuh batin dua ayat terakhir dalam surah yang memiliki arti sapi betina. Dalam dua ayat terakhir ini Anda bisa mendapatkan ketenangan serta kedamaian pada hati dan pikiran.

Rasulullah SAW telah bersabda barang siapa membaca dua ayat terakhir dalam surah Al-Baqarah pada waktu malam hari, maka Allah SWT akan melindunginya dalam beragam penyakit, rasa khawatir, dan kegelisahan.

·       QS. Al-Baqarah ayat ke-250

Dalam tafsir Al-Muyassar karya Kementrian Agama Saudi Arabia menafsirkan ayat ke-250, “Setelah terlihat Jalut dan pasukan tentaranya, mereka bisa memandang serta melihat bahaya di depan mata kepalanya sendiri. Lalu, mereka bersimpuh dan memohon pertolongan kepada Allah dengan berdoa dan penuh dengan ketundukan mengucapkan.

“Wahai Tuhan kami turukanlah kepada hati kami kesabaran yang besar, teguhkanlah kaki kami serta jadikanlah mereka kuat agar dapat memerangi musuh-musuh, sehingga kami tidak lari akibat beratnya peperangan ini, serta menangkanlah kami dengan bantuan serta pertolongan-Mu agar dapat melawan orang-orang kafir tersebut”.

Anda bisa menggunakan ayat ini sebagai doa untuk meminta Allah memberikan kesabaran dan kekuatan untuk bisa menghadapi seluruh masalah dan ujian diberikan dalam kehidupan ini.

3.      QS. Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas

Tiga surat terakhir dalam kitab suci ini juga bisa Anda gunakan sebagai obat penyembuh batin. Tiga surah terakhir dalam Al-Quran sebagai penyembuh batin karena Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa tidak ada yang bisa melindungi seorang mukmin melebihi ketiga surah ini.

Jadi, mukmin taat pasti sudah memahami saat dirinya mengalami suatu masalah baik ringan sampai dengan berat, satu-satunya tempat untuk meminta perlindungan hanyalah kepada Allah SWT.

Terutama QS. Al-Ikhlas yang memiliki kedudukan sangat istimewa, karena mengandung makna tentang sifat tauhid Allah SWT tidak terdapat pada ayat lain.

Selain membaca Al-Quran sebagai penyembuh batin Anda juga bisa melakukan beberapa amalan lainnya seperti bersabar, rutin mengerjakan shalat tahajud, serta memperbanyak istigfar sekaligus Zikir.

 

Link materi :

https://jatim.nu.or.id/keislaman/menemukan-ketenangan-batin-melalui-bacaan-al-qur-an-5fUlc

https://www.orami.co.id/magazine/surat-penenang-hati?page=all

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230112113620-569-899411/waktu-yang-utama-untuk-membaca-al-quran

https://belajaralquran.com/yuk-simak-4-waktu-terbaik-membaca-al-quran-yang-wajib-anda-tahu/

https://baznas.jogjakota.go.id/detail/index/26611

https://tafsirweb.com/989-surat-al-baqarah-ayat-250.html

https://www.merdeka.com/sumut/7-fungsi-al-quran-bagi-umat-manusia-beri-petunjuk-kehidupan-kln.html

https://jatim.nu.or.id/keislaman/menemukan-ketenangan-batin-melalui-bacaan-al-qur-an-5fUlc

https://stikesmus.ac.id/al-quran-sebagai-obat/

 

 

 

 

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024