Menghargai Nilai-nilai Kemanusiaan dalam Ajaran Al-Quran

M.A.I

February 18, 2024

Nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran merupakan pokok ajaran muamalah yang berkaitan "hubungan manusia dengan manusia". Arti kemanusian sendiri termasuk kepedulian, aktivitas sosial yang saling membantu serta bekerjasama. 

Al-Quran merupakan pokok ajaran muamalah yang berkaitan "hubungan manusia dengan manusia".

Apabila mempelajari ayat-ayat Al Qur'an akan menemukan banyak sekali pernyataan. Di mana kehidupan manusia adalah untuk saling menolong dan membantu satu sama lain. 

Ketahui Nilai-nilai Kemanusiaan Al-Quran

Pada dasarnya, penekanan human value dalam agama Islam sangat mempengaruhi hubungan sosial, perilaku, serta tata krama orang Muslim. Human value ini juga termasuk hak asasi manusia, kesetaraan, tanggung jawab sosial, kejujuran, serta kedamaian.

Dalam Islam, menghormati martabat manusia tanpa memandang agama, etnis, atau status sosial sangatlah penting. Berikut penjelasan terkait Nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran, yaitu:

1. Ayat tentang Nilai Kemanusiaan

وَابْتَغِ فِيْمَآ اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ

“Dan carilah apa yang telah dianugerahkan Allah terhadapmu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. 

Janganlah berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan" (QS. al-Qashash, 28:77). 

Ayat di atas tentu menjelaskan bahwa setiap manusia wajib berbuat baik kepada orang lain. Bahkan, Allah sendiri juga telah memberi contoh kepada manusia untuk berbuat baik. 

Hubungan antar saudara sesama umat Islam merupakan dasar dari nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran. Oleh karena itu, setiap orang yang beragama Islam wajib membantu orang ketika mengalami kesulitan. 

Hal ini terjadi tanpa mempertimbangkan agama, suku, ras, serta warna kulit. Hanya dengan menjunjung tinggi human value, Islam menunjukkan keagungan ajarannya.

Contohnya saja, ketika kaum Kafir Quraisy kalah dalam Perang Badar, kaum Muslim memakamkan kaum Kafir yang terbunuh dengan cara sama seperti memakamkan kaum Muslim lainnya.

Bahkan, yang terluka juga mendapatkan perawatan serupa dengan tentara Muslim. Ini merupakan salah satu contoh nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran luar biasa yang mengajarkan Islam kepada umat manusia.

2. Pentingnya Memahami Human Value 

Penting sekali bagi Islam untuk bisa memahami human value, yang tersaji dalam Al-Quran dan Hadis. Bahkan, sebagian besar ayat dalam Al-Quran menekankan pentingnya menghormati hak hak kemanusiaan bagi setiap orang. Salah satu contoh nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran seperti penjelasan surah Al-Hujurat, ayat 49: 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُقَدِّمُوْا بَيْنَ يَدَيِ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ 

“Wahai manusia, sesungguhnya menciptakanmu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal.” 

Ayat satu ini menyampaikan pentingnya persaudaraan antara manusia. Hadis Nabi Muhammad juga telah menjelaskan tentang pentingnya menghormati martabat manusia. 

Salah satu hadis yang paling terkenal adalah, "Tidak memberi seseorang di antara manusia, sampai ia mencintai saudaranya seperti cintanya sendiri."

Dalam konteks ini, nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran juga telah mencakup toleransi, penghargaan terhadap keberagaman, serta keinginan. Dengan tujuan untuk bisa membantu kesejahteraan manusia bersama. 

Selain itu, tujuan dari semua human value tersebut untuk bisa membangun masyarakat yang adil, berempati, serta berkeadilan berdasarkan prinsip-prinsip Islam. 

3. Contoh Human Value

Pada dasarnya, human value muncul sebagai salah satu hasil dari fenomena sosial yang terjadi pada masyarakat. Ada beberapa nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran, berikut penjelasannya:

·       Kasih Sayang dan Belas Kasihan (Rahmah) 

Islam telah mengajarkan setiap makhluknya untuk berkasih sayang dan berbelas kasih sayang. Bahkan, dalam Al-Quran menyebutkan bahwa Allah merupakan Yang Maha Pengasih serta Maha Penyayang. Seperti penjelasan surah Al Baqarah ayat 165, berikut ini:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ

Artinya: “Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. 

Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal)”.

·       Keadilan (Adil)

Islam juga telah menekankan pentingnya keadilan dalam segala aspek kehidupan. Hal ini termasuk dalam nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran terkait hubungan sosial dan ekonomi serta sistem hukum. Seperti penjelasan dari surat Al-Maidah ayat 8, di bawah ini:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ لِلّٰهِ شُهَدَاۤءَ بِالْقِسْطِۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْا ۗاِعْدِلُوْاۗ هُوَ اَقْرَبُ لِلتَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. 

Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan”.

·       Toleransi dan Penghargaan Keberagaman 

Islam juga telah mengajarkan penghargaan serta toleransi terhadap keberagaman ras, agama, dan budaya. Di hadapan Allah, semua orang sama. Adapun perintahnya terdapat dalam salah satu ayat Surat Al-Hujurat Ayat 13.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya: "Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal”.

·       Ketulusan dan Integritas (Ikhlas dan Amanah) 

Islam sendiri juga mengajarkan pentingnya memiliki ketulusan hati dalam segala hal. Bahkan, kejujuran dalam ucapan maupun tindakan.

·       Saling Menolong dan Kemanusiaan (Ta'awun dan Insaniyyah) 

Islam telah mendorong umatnya untuk bisa membantu orang lain. Hal ini terutama bagi orang yang membutuhkan, tanpa memandang ras atau agamanya.

Hal ini hanya sebagian kecil dari human value Islam, yang diajarkan berdasarkan penerapan dalam Al-Quran, Hadis (tradisi Nabi Muhammad), serra ajaran ulama Islam.

Dengan mengamalkan human value tersebut, harapannya umat Islam bisa membangun masyarakat yang adil, berempati, serta harmonis. Hal ini sesuai dengan ajaran agama Islam yang penuh kasih sayang serta perdamaian.

Tentu, dengan memastikan nilai-nilai kemanusiaan Al-Quran berjalan baik akan memberikan landasan kokoh bagi masyarakat harmonis.

 

Sumber referensi: 

https://www.nu.or.id/khutbah/nilai-nilai-kemanusiaan-dalam-islam-2It4j

https://pppa.id/kabardaqu/penghormatan-nilai-nilai-kemanusiaan-dalam-islam

https://dki.kemenag.go.id/artikel/menemukan-nilai-kemanusiaan-dalam-beragama-e9LrO

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6751663/ayat-al-quran-tentang-cinta-dan-kasih-sayang-masyaallah

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024