Artikel

Memahami Makna Kehidupan Melalui Ajaran dan Cerita Al-Quran

M.A.I

February 6, 2024

Al-Quran dan makna kehidupan tidak dapat terpisahkan sebagai tuntunan bagi umat Islam di seluruh dunia. Kitab suci bagi umat Islam merupakan pedoman berkehidupan dalam bentuk bimbingan kepada kebaikan, perintah serta larangan, juga kabar gembira maupun peringatan.

Al-Quran dan makna kehidupan tidak dapat terpisahkan sebagai tuntunan bagi umat Islam di seluruh dunia.

Kitab yang diturunkankepada Nabi Muhammad SAW ini juga mengajak hanya menyembah kepada Allah semata.Hal tersebut menunjukkan bahwa semua makhluk di alam semesta diciptakan hanyauntuk beribadah kepada Allah.

Kitab suci Al-Qurandan makna kehidupan memiliki kekuatan luar biasa hingga tidak ada satu makhlukdi alam semesta dapat menandinginya. Meskipun diwahyukan dalam bahasa Arab,orang Arab juga tidak bisa membuat kitab seperti Al-Quran walaupun hanya satuayat.

Syaikh Mana Al Qaththanmenyebutkan bahwa asal nama kitab suci umat Islam berasal daro bentuk masdarqara’a, yaitu qira’ah qa qur’anan. Secara khusus Al-Quran menjadi kitab suciyang diturunkan kepada Rasulullah SAW dan menjadi identitas diri.

Memahami Fungsi Al-Quran untuk Kehidupan

Bagi umat Islam, Al-Qurandan makna kehidupan menjadi satu kesatuan, sebab kehadiran kitab sucimemiliki fungsi bagi manusia. Fungsi kitab suci yang diturunkan kepada NabiMuhammad SAW telah tercantum dalam Surah Al-Baqarah ayat 185.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِوَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya : “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkanAl-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenaipetunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)”.

Firman Allah SWT tersebut menunjukkan bahwa Al-Quran danmakna kehidupan memiliki fungsi petunjuk bagi manusia. Artinya kitab suciumat Islam tersebut merupakan petunjuk serta pedoman bagi manusia untukmenjalani kehidupan di dunia.

Hidup manusia seperti perjalanan sehingga membutuhkan rambuagar selamat sampai tujuan, yaitu alam akhirat. Oleh sebab itulah, sangatpenting untuk mengetahui serta memahami tujuan serta pedoman agar hidup lebihmudah, lancar, juga selamat.

Kitab suci tidak hanya memberikan petunjuk bagi manusia,namun juga penjelasan mengenai pedoman-pedoman tersebut. Dengan adanyapenjelasan tersebut, umat Islam akan lebih mudah dalam memahami isinya.

Kitab suci Al-Quran dan makna kehidupan juga memilikifungsi sebagai pembeda antara hak dan batil. Kitab suci merupakan penjelasankepada manusia mengenai kebenaran maupun kebatilan, juga termasukkarakteristiknya.

Dengan adanya penjelasan tersebut, setiap umat Islam bisamelaksanakan perintah serta menjauhi laranganNya. Selain itu, memahami kitabsuci dan mengamalkannya juga bisa menyembuhkan penyakit seperti stres,kegundahan, maipun pikiran yang kacau.

Tujuan Al-Quran untuk Kehidupan Manusia

Diturunkannya Al-Qurandan makna kehidupan sebab manusia terlahir di dunia bukan sebagai kehendaksendiri, namun kehendakAllah SWT. Manusia secara alamiah akan melanjutkan hidup, juga akan menghadapiberbagai rantangan dan cobaan,

Dalam menjalanikehidupannya, manusia akan merasa lemah sehingga perlu mencari tempatberlindung, juga tempat meminta pertolongan. Agar tidak sesat, maka agamadianggap memberikan petunjuk serta jalan yang harus ditempuh untuk keselamatandiri.

Hadirnya Al-Quran danmakna kehidupan yang membuat manusia tidak sesat, sebab menjadi petunjuk tentangtujuan hidup manusia. Dalam Islam sudah sangat jelas bahwa tujuan kehidupan didunia ini tidak lain adalah untuk mencari rida Allah SWT.

Untuk mencapai tujuanhidup tersebut, maka harus dengan bertakwa, beriman, juga beramal. Hal tersebutsudah tercantum di dalam kitab suci, yaitu di Surah Al Bayyinah ayat 7 – 8 yang berbunyi sepertiberikut.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَهُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِۗ ۝٧ جَزَاۤؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْمِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۗ رَضِيَاللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْاعَنْهُۗ ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهٗࣖ ۝٨

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang beriman danmengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan merekadi sisi Tuhan mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai;mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka danmerekapun rida kepadanya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yangtakut kepada Tuhannya”.

Dalam konteks hubungan dengan pencipta,manusia merupakan hamba Allah, sehingga tujuannya adalah menunaikan penghambaanserta pengabdian. Sementara peran di muka bumi adalah sebagai khalifah(pemimpin) di bumi dan menjadi makhluk yang dimuliakan.

Memahami Al-Quran dan Makna Kehidupan

Saat seseorang memahami Al-Qurandan makna kehidupan, maka akan menemukan pemahaman inti terhadap maknahidup menurut Islam. Berikut adalah beberapa makna kehidupan yang tercantumdalam kitab suci umat Islam.

Pertama, hidup adalahuntuk beribadah kepada Allah SWT, tidak hanya menjalankan rukun Islam saja,namun juga ibadah dalam setiap aspek kehidupan. Hal tersebut sudah tertulisdalam firman Allah pada surah Adz Dzaariyaat ayat 56.

Kedua, firman Allah dalamAl Mulk ayat 2 menjelaskan bahwa hidup merupakan ujian untuk menguji siapa yanglebih banyak melakukan amalan selama di dunia. Allah menguji hambaNya sesuaikemampuan melalui hal-hal yang disebutkan dalam Al Baqarah ayat 155 – 156.

Ketiga, Al-Quran danmakna kehidupan juga telah menjelaskan bahwa manusia hanya hidup sementarasaja di dunia. Masih ada kehidupan di akhirat yang lebih baik daripada didunia, juga kekal selama-selamanya.

Keempat, memberikanpemahaman kepada manusia bahwa hidup di dunia hanyalah sementara saja. Haltersebut sudah tertulis dengan jelas di Al-Quran Suar Al Mu’min ayat 39, jugadi Surah Al Anbiyaa ayat 35.

Terakhir, memahamiAl-Quran merupakan langkah awal sebelum menyelaraskan hidup dengan maknakehidupan itu sendiri. Hal inilah yang akan membuat kehidupan menjadi lebihbermakna baik di dunia maupun akhirat kelak.

Al-Quran merupakan kitabsuci bagi umat Islam sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan di dunia. Olehsebab itulah, memahami Al-Quran dan makna kehidupan sangat penting agartidak tersesat dan sesuai dengan perintah Allah SWT.

 

 

https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-tujuan-hidup-menurut-islam-dan-cara-menjalaninya-baca-lebih-lanjut-kln.html

https://www.solopeduli.com/konten-islami-1765-mencari-makna-hidup.html

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6368373/arti-al-quran-dan-fungsinya-dalam-kehidupan-sehari-hari

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024