Artikel

Menyingkap Rahasia dan Keajaiban Angka dalam Al-Quran

M.A.I

February 9, 2024

Keajaiban angka dalam Al-Quran menunjukkan bahwa kitab suci umat Islam ini merupakan wahyu dari Allah SWT dan bukan buatan manusia. Keajaiban ini juga merupakan isyarat bahwa Al-Quran menjadi mukjizat terbesar yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW.

Al-Quran menjadi mukjizat terbesar yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW

Selain pada sisi numerologi, ada banyak keajaiban dalam kitab suci umat Islam yang tidak mungkin ditulis oleh manusia biasa. Penentang Islam juga tidak bisa menuduhnya buatan Rasulullah SAW yang tidak bisa membaca maupun menulis.

Adanya keajaiban angka dalam Al-Quran menunjukkan keistimewaan kitab suci umat Islam yang sesuai dengan keilmuan modern. Penemuan misteri angka dalam kitab suci tersebut melalui riset serta perhitungan tertentu sesuai dengan firman Allah surah Al-Qomar ayat 49.

Dalam surah tersebut Allah SWT menyampaikan bahwa segala penciptaan di alam semesta sesuai dengan ukuran. Misteri numerik dalam kitab suci juga merupakan simbolisasi ukuran tersebut sehingga manusia akan selalu belajar dan berkembang.

Berikut Keajaiban Angka dalam Al-Quran

Melalui riset dan perhitungan menunjukkan bahwa terdapat keajaiban angka dalam Al-Quran yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Berikut adalah beberapa misteri numerik yang ada dalam kitab suci umat Islam.

1.     Angka 19 pada Al-Quran

Angka 19 merupakan bilangan pembagi secara umum, sehingga sehingga angka kelipatannya akan habis jika dibagi 19, misalnya 38, 57, dan seterusnya. Berdasarkan sebuah riset, seluruh teks Al-Qura ntersusun sistematis dan canggih berdasarkan bilangan 19 sebagai pembagi.

Menariknya lagi, keajaiban angka dalam Al-Quran dengan bilangan 19 ini memiliki tingkat kompleksitas berbeda. Ada perhitungan sederhana sehingga bisa dihitung secara manual, ada pula yang kompleks sehingga perlu program komputer untuk membuktikan kelipatan 19.

Sistem matematika dengan dasar bilangan 19 sangat melekat dengan kitab suci yang diturunkan pada Rasulullah SAW. Bahkan adanya keajaiban ini tudak hanya dapat diapresiasi orang dengan kepandaian matematika tingkat tinggi, namun juga penghitungan sederhana.

Keajaiban angka dalam Al-Quran dengan bilangan 19 tidak hanya sebagai kode rahasia saja. Bahkan peristiwa penemuan bilangan 19 sebagai ‘miracle’ juga terhubung dengan bilangan tersebut sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Penemuan kode rahasia tersebut terjadi padaJanuari 1974 atau 1393 Hijriyah, sedangkan Al-Quran turun pertama kali 13 tahun sebelum Hijriyah. Jika dijumlahkan, 1393 + 13 = 1406 tahun (hitungan hijriyah )dibagi 19 hasilnya 74, yaitu 1974 Masehi.

Seorang Kristolog bernama Ahmed Deedat, melalui penemuannya menunjukkan keajaiban angka dalam Al-Quran dengan bilangan 19. Hasil penemuan tersebut telah dipublikasi melalui bukunya yang sudah diterjemahkan berjudul Keajaiban Angka 19 dalam Al-Quran.

2.     Angka 7 pada Al-Quran

Selain misteri bilangan 19, keajaiban angkadalam Al-Quran juga menunjukkan keistimewaan angka 7 yang penuh misteri.Berikut adalah beberapa keistimewaan bilangan 7 yang terdapat pada kitab suci umat Islam sebagai mukjizat Nabi Muhammad SAW.

·       7 Lapis Langit

Allah SWT menyebutkan bahwa terdapat 7 lapis langit dengan keindahan bintang-bintang dan benda langit. Hal tersebut sesuaidengan firman Allah di Surah An-Naba ayat 2 dan Al- Hijr ayat 16 sepertiberikut.

وَّبَنَيْنَا فَوْقَكُمْ سَبْعًا شِدَادًا

Artinya : “Dan Kami membangun di atas kamu tujuh langit yang kokoh”. (Q.SAn-Naba: 12)

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِى السَّمَاۤءِ بُرُوْجًا وَّزَيَّنّٰهَا لِلنّٰظِرِيْنَۙ

Artinya : Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang di langit dan menjadikannya terasa indah bagiorang yang memandangnya. (Q.S Al-Hijr: 16)

·       7 Daratan dan Lautan

Tidak hanya memiliki 7 lapis langit saja,Allah SWT juga menciptakan bumi dengan 7 daratan serta lautan. Hal tersebut menjadi keajaiban angka dalam Al-Quran sesuai firman Allah SWT di Surat Ath-Thalaq ayat 12 dan Luqman ayat 27 seperti berikut.

ٱللَّهُ ٱلَّذِی خَلَقَ سَبۡعَ سَمَـٰوَٰتࣲ وَمِنَ ٱلۡأَرۡضِ مِثۡلَهُنَّ

Artinya : “Allah yang menciptakan 7 langit dan menciptakan bumi juga serupa”. (Q.SAth-Thalaq: 12)

وَّالْبَحْرُ يَمُدُّهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖ سَبْعَةُ اَبْحُرٍ

Artinya : “Dan ditambahkan kepadanya 7 lautan lagi setelah keringnya”.(Q.S Luqman: 27)

·       7 Ayat Al-Fatihah

Keajaiban angka dalam Al-Quran selanjutnya adalah adanya 7 jenis bacaan da ntujuh ayat dalam Surah Al-Fatihah. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surah Al-Hijr ayat 87 seperti berikut.

وَلَقَدْ اٰتَيْنٰكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِيْ وَالْقُرْاٰنَ الْعَظِيْمَ

Artinya : “Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang dibaca berulang-ulang dan Al-Quran yang agung”.

·       7 Anggota Tubuh Manusia

Mungkin tidak semua orang menyadari bahwa manusia memiliki tujuh anggota tubuh yaitu dua tangan untuk berdoa, dua kaki berjalan dalam kebaikan. Selain itu ada dua lutut untuk bersimpuh dan satu wajah untuk bersujud pada Allah SWT sebagaimana firman Allah SWT.

وَٱسۡجُدۡ وَٱقۡتَرِب

Artinya : “Dan sujudlah serta dekatkanlah dirimu kepada Allah”. (Q.SAl-Alaq: 19)

·       7 Masa Manusia

Manusia hidup di dunia ini melalui tuju masa sesuai dengan kehendak dari Allah SWT. 7 masa yang dimaksud adalah menyusui(radli), menyapih (fathim), anak-anak (shabiy), remaja (ghulam), pemuda (syab),dewasa (kahl), dan tua (syakh).

·       7 Wilayah Teritorial

Keajaiban angka 7 lainnya adalah Allah SWT telah menghiasi bumi dan membaginya menjadi 7 wilayah teritorial. Wilayah tersebut adalah Hindustan; Hijaz; Bashrah, Badiyah, dan Kufah; Irak, Syam,serta Balkha; Romawi serta Armenia; Negara Ya’juj Ma’juj; China serta Turkistan.

·       7 Lapis Neraka

Sesuaidengan firman Allah SWT, terdapat 7 lapis neraka yaitu Jahanam, Sa’ir, Saqar,Jahim, Hathamah, Ladza, serta Hawiyah. Allah SWT telah berfirman mengenai tujuh lapisan neraka di Surah Al-Hijr ayat 44 sebagai berikut.

لَهَا سَبْعَةُ اَبْوَابٍۗ لِكُلِّ بَابٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُوْمٌ

Artinya : “Neraka Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari mereka”.

Al-Quran merupakan mukjizat terbesar dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan berbagai keajaibannya. Salah satunya adalah keajaiban angkadalam Al-Quran dengan kompleksitas berbeda, mulai dari sederhana hingga membutuhkan hitungan komputer.

 

 

Referensi :

https://tanwir.id/keajaiban-angka-pada-huruf-pembentuk-kata-al-quran/

https://iqra.republika.co.id/berita/s14a6r320/keajaiban-angka-19-yang-disebutkan-dalam-alquran-dan-pengakuan-sarjana-barat

https://www.detik.com/jatim/berita/d-6606306/keistimewaan-angka-7-dalam-islam

https://islamdigest.republika.co.id/berita/qf0y3y320/fakta-angka-seputar-alquran-bukan-kebetulan-benarkah

https://timesindonesia.co.id/kopi-times/269302/ngaji-matematika-6-bilangan-19-sebagai-kode-rahasia-dalam-alquran

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024