Artikel

Tantangan dan Kesempatan dalam Menyebarkan Dakwah dengan Al-Quran di Era Digital

M.A.I

February 8, 2024

Sebagai agama rahmatan lil-alamin pesan damai dalam Al-Quran telah tercantum di berbagai surah dan ayat. Hal ini menunjukkan bahwa perdamaian merupakan nilai sentral dalam ajaran agama Islam yang merupakan rahmat bagi seluruh alam

Pesan damai dalam Al-Quran telah tercantum di berbagai surah dan ayat

Perdamaian sendiri memiliki peransangat penting dalam menjaga kesejahteraan serta keberlanjutan hidup manusia.Tanpa adanya perdamaian, maka konflik maupun ketidakstabilan merajalela dandapat menghancurkan struktur sosial.

Pesan damai dalam Al-Quran menekankan umat Islam agar mengutamakan moderasi dalam semua aspek kehidupan. Dengan demikian, perdamaian tidak hanya menjadi tanggung jawab individu saja, namun juga kolektif sehingga menciptakan masyarakat adil serta sejahtera.

Islam juga melarang tindakan ekstrimis,pembunuhan secara brutal, maupun merusak lingkungan selama terjadi konflik.Prinsip inilah yang menunjukkan kepedulian Islam pada kemanusiaan, juga menjauhkan dari segala tindak kekerasan tanpa alasan.

Memahami Pesan Damai dalam Al-Quran

Umat Islam sendiri wajib memahami pesandamai dalam Al-Quran yang tercantum dalam berbagai ayat serta menjalankannya. Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang kedamaian bagi umatnya.

1.     Al Baqarah : 224

وَلَا تَجْعَلُوا اللّٰهَ عُرْضَةً لِّاَيْمَانِكُمْاَنْ تَبَرُّوْا وَتَتَّقُوْا وَتُصْلِحُوْا بَيْنَ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya : “Janganlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang dari berbuat baik, bertakwa, dan menciptakan kedamaian di antara manusia. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Pada ayat tersebut menjelaskan bahwa ada larangan mengucapkan sumpah atas nama Allah SWT untuk menghalangi dirimelakukan kebaikan. Hal ini karena sumpah atas nama Allah memiliki kandungan konsekuensi serius dan hanya boleh digunakan untuk tujuan terhormat.

Ayat tersebut juga menyampaikan pesan damaidalam Al-Quran, sebab bersumpah atas nama Allah juga tidak diperbolehkan untuk menghalangi perselisihan di antara manusia. Dengan demikian, perselisihan merupakan hal batil dalam ajaran Islam.

2.     Al Baqarah : 256

لَآ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُمِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِالطَّاغُوْتِ وَيُؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَبِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗوَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya : “Tidak ada paksaan dalam (menganut)agama (Islam). Sungguh, telah jelas jalan yang benar dari jalan yang sesat.Siapa yang ingkar kepada tagut dan beriman kepada Allah sungguh telah berpegang teguh pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Meskipun memiliki kekuasaan, namun Allah SWT tidak memaksa seseorang mengikuti ajaranNya dan menganut agama Islam.Hal ini karena perbedaan antara jalan yang benar dan sesat sebenarnya sangat jelas bagi siapapun yang menggunakan akalnya.

Pesan damai dalam Al-Quran ini mengajarkan untuk mengajak manusia kejalan Allah dengan cara terbaik tanpa ada kekerasan dalam berdakwah. Apalag isetiap manusia boleh untuk menentukan sendiri jalan hidupnya.

3.     AliImran : 103

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَاتَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءًفَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْعَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُاللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Artinya : “Berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, janganlah bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara. (Ingatlah pula ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana.Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk”.

Pesan damai dalam Al-Quran ini mengajarkan umat Islam untuk menjaga persatuan serta kesatuan, juga sekuat tenaga saling membantu agar tidak bercerai berai, saling bermusuhan, maupun dengki. Hal ini karena umat yang tercerai berai akan lemah dan mudah dihancurkan.

4.     An-Nisa: 90

اِلَّاالَّذِيْنَ يَصِلُوْنَ اِلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌ اَوْ جَاۤءُوْكُمْحَصِرَتْ صُدُوْرُهُمْ اَنْ يُّقَاتِلُوْكُمْ اَوْ يُقَاتِلُوْا قَوْمَهُمْ ۗ وَلَوْشَاۤءَ اللّٰهُ لَسَلَّطَهُمْ عَلَيْكُمْ فَلَقَاتَلُوْكُمْ ۚ فَاِنِ اعْتَزَلُوْكُمْفَلَمْ يُقَاتِلُوْكُمْ وَاَلْقَوْا اِلَيْكُمُ السَّلَمَ ۙ فَمَا جَعَلَ اللّٰهُ لَكُمْعَلَيْهِمْ سَبِيْلًا 

Artinya : “Kecuali, orang-orang yang menjalin hubungan dengan suatu kaum yang antara kamu dan kaum itu ada perjanjian (damai,mereka jangan dibunuh atau jangan ditawan). (Demikian juga) orang-orang yang datang kepadamu, sedangkan hati mereka berat untuk memerangi kamu atau memerangi kaumnya. Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia berikan kekuasaan kepada mereka untuk menghadapi kamu sehingga mereka memerangimu. Akan tetapi,jika mereka membiarkanmu (tidak mengganggumu), tidak memerangimu, dan menawarkan perdamaian kepadamu (menyerah), Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka”.

Ayat ini menjelaskan tentang pesan damaidalam Al-Quran ketika dalam peperangan atau konflik. Umat Islam diperbolehkan untuk menawan dan membunuh musuh kecuali orang kafir yang meninggalkan golongan mereka atau orang kafir yang datang mengadakan perdamaian.

5.     An-Nisa: 114

لَا خَيْرَ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنْ نَّجْوٰىهُمْ اِلَّامَنْ اَمَرَ بِصَدَقَةٍ اَوْ مَعْرُوْفٍ اَوْ اِصْلَاحٍۢ بَيْنَ النَّاسِۗ وَمَنْ يَّفْعَلْذٰلِكَ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيْهِ اَجْرًا عَظِيْمًا

Artinya : “Tidak ada kebaikan pada banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali (pada pembicaraan rahasia) orang yang menyuruh bersedekah, (berbuat) kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Siapa yang berbuat demikian karena mencari rida Allah kelak Kami anugerahkan kepadanya pahala yang sangat besar”.

Pesan damai Al-Quran ini mengajak melakukan kebaikan sesuai tuntunan agama dan mengadakan perdamaian antar manusia yang sedang berselisih .Jika hal tersebut dilakukan dengan niat mencari rida Allah SWT, maka akan mendapat pahala berlipat ganda.

Islam merupakan agama rahmatan lil alamin,yaitu memberikan rahmat bagi seluruh alam. Oleh sebab itulah, ada banyak ayat menyampaikan pesan damai dalam Al-Quran sebagai nilai sentral pada ajarannya.

 

 

Referensi :

https://islam.nu.or.id/ilmu-al-quran/9-ayat-perdamaian-dalam-al-qur-an-d8KgR

https://islam.nu.or.id/tafsir/tafsir-surat-al-baqarah-ayat-224-larangan-sumpah-atas-nama-allah-untuk-halangi-perbuatan-baik-YrsOq

https://quran.nu.or.id/al-baqarah/256

https://quran.nu.or.id/ali-imran/103

https://kalam.sindonews.com/ayat/90/4/an-nisa-ayat-90

https://quran.nu.or.id/an-nisa'/114

 

 

Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - copyright 2024